McLaren Lahirkan Chassis Serat Karbon untuk Mobil Hybrid Share this

McLaren Lahirkan Chassis Serat Karbon untuk Mobil Hybrid

Ary Dwinoviansyah
pada 25 Maret 2019

SURREY - McLaren sudah menyelesaikan pembuatan chassis serat karbon pertamanya untuk menjalani serangkaian pengujian sebelum diproduksi massal. 

Sejak awal 1980-an, McLaren dikenal sebagai pelopor pabrikan yang mengenalkan material tersebut di arena Formula 1. Namun, mereka sendiri belum pernah menerapkan chassis ini pada mobil jalanannya. 

Inisiatif tersebut pun mulai terlihat pada rencana bisnis mereka hingga 2024 mendatang. Langkah nyatanya terlihat di mana McLaren sedang mempersiapkan pengujian chassis carbon fiber untuk mobil massal mereka. 

Chassis dengan kode PLT-MCTC-01 yang dikembangkan di McLaren Composites Technology Centre (MCTC) ini pun segera melakoni uji tabrakan di pabrik McLaren. Cara ini disebut sebagai salah satu langkah bagi para desainer serta insinyur McLaren untuk mengembangkan bobot kendaraannya nanti. 

Setelah sukses dengan rangkaian pengujian, McLaren dipastikan bakal langsung memproduksi mobil-mobil terkencangnya dengan chassis carbon fiber sebagai basisnya. Kabarnya, inovasi ini bakal diterapkan pada supercar terkenal mereka yang nantinya bertenaga hybrid.

"Penyerahan chassis carbon fiber pertama ini bukan hanya hanya menyenangkan semua orang yang bekerja di proyek ini. Tetapi juga tonggak penting bagi ambisi McLaren untuk mengguncang dunia dengan teknologi komposit. Teknologi yang sejalan dengan pergeseran kami ke tenaga hybrid sebagai bagian dari rencana bisnis Track25," ujar Wes Jacklin, Plant Director MCTC, McLaren Automotive.

Adanya pengembangan produksi ini juga nyatanya berdampak kepada pembukaan lahan pekerjaan baru dari proyek bernilai £50 juta atau sekitar Rp 935 miliar ini. Kabarnya, jumlah pegawai di MCTC sendiri akan bertambah hingga 200 orang saat produksi mulai berjalan, 2020 mendatang. 

Jacklin mengatakan ke depan persyaratan soal pembangkit tenaga semakin ketat. Untuk itu, pemanfaatan teknik yang inovatif menjadi kunci penting. Namun, McLaren akan tetap menawarkan sebuah produk ikonik dengan karakteristik nan lincah sesuai keinginan para konsumen. [Ary/Idr] 


Komentar