McLaren 600LT Menjadi Mimpi Buruk Ferrari Share this
Mobil Baru
Mode baca

McLaren 600LT Menjadi Mimpi Buruk Ferrari

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 29 Juni 2018

Foto: New McLaren 600LT

WOKING - New McLaren 600LT meneruskan sejarah sukses model ‘Longtail’ dengan mengusung mesin 3.8-liter V8 twin-turbo.

Pengembangan model Super Series terbaru McLaren ini terinspirasi dari F1 GTR ‘Longtail’ dan 675LT. Meski mengusung mesin yang sangat bertenaga, supercar ini dipastikan dapat digunakan di jalan raya dan sirkuit.

“McLaren 600LT merupakan model ‘Longtail’ keempat yang kami produksi selama 2 dekade ini. McLaren F1 GTR ‘Longtail’ telah membangun era baru dan menjadi salah satu mobil balap murni sepanjang sejarah motorsport modern. Kami telah menghidupkan kembali 675LT dengan nama baru, menciptakan kenikmatan berkendara sejati seperti seluruh mobil McLaren,” tutur Mike Flewitt, CEO McLaren.

Pada bagian eksteriornya, supercar ini telah dilengkapi dengan splitter depan, diffuser belakang yang panjang dan sayap belakang. Bahan yang digunakan juga dipastikan 23 persen berbeda dari McLaren 570S Coupe sehingga model baru ini dipastikan lebih ringan.

Jika dibandingkan dengan McLaren 570S Coupe, supercar ini lebih ringan 96 kg dan bobot kendaraan hanya 1.247 kg. Penggunaan bahan serat karbon pada bagian body menjadi faktor utama penurunan bobot new McLaren 600LT.

Selain itu, supercar ini juga telah menyematkan suspensi aluminum double-wishbone dan roda Pirelli P Zero Trofeo R guna memaksimalkan performa kendaraan. Masuk ke dalam kabin, new 600 LT mengusung konsep desain layaknya McLaren P1.

New McLaren 600LT telah menggunakan jok balap berbahan serat karbon dan trim Alcantara. Produsen mobil bertenaga asal Inggris ini juga menyediakan opsi jok McLaren Senna bagi konsumen.

Untuk personalisasi tambahan, McLaren Special Operations (MSO) akan menawarkan modifikasi serat karbon pada bagian atap dan fender depan. Selain tampilan layaknya mobil balap, new McLaren 600LT mengusung mesin yang sangat bertenaga.

Supercar ini menggunakan mesin 3.8-liter V8 twin-turbo yang mampu menyemburkan tenaga 600 PS dan torsi 620 Nm dengan rasio power-to-weight 481 PS/tonne.

“Sekarang kami akan memperbanyak model spesial LT dan sekali lagi akan memaksimalkan sisi aerodinamis, tenaga, bobot kendaraan, track-focused dan meningkatkan keterlibatan pengemudi sebagai keunggulan McLaren ’Longtail’,” tambah Flewitt.

New McLaren 600LT dipasarkan di Inggris dengan harga £185,500 atau setara dengan Rp 3,4 miliar. Supercar ini dapat dipesan mulai Oktober 2018 dan konsumen dipastikan akan mendapatkan pelatihan Pure McLaren Road Owner Track Day. [Amo/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
McLaren 600LT Menjadi Mimpi Buruk Ferrari


Komentar