Max Verstappen Akhiri Puasa Gelar Honda di F1 Austria 2019 Share this
F1
Mode baca

Max Verstappen Akhiri Puasa Gelar Honda di F1 Austria 2019

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 02 Juli 2019

Foto: Max Verstappen di F1 GP Austria 2019

SPIELBERG - Kemenangan Max Verstappen di F1 Austria 2019 memberikan kejutan dan nafas segar bagi Aston Martin Red Bull Racing Honda.

Kemenangan ini merupakan kemenangan pertama Honda sejak F1 Hungaria di 2006. Kemenangan tersebut juga membuat berbagai pihak terkejut karena pencapaian ini juga merupakan pencapaian terbaik pertama setelah menjalin kerjasama dengan Red Bull.

Tak hanya membuat sebuah kejutan, Max Verstappen juga menyegel kemenangan pertamanya di musim ini dengan kontorversial. Ketika memperebutkan posisi pertama pada 3 lap terakhir, pembalap asal Belanda ini sempat melakukan manuver yang dinilai sangat berbahaya.

Mobil balap Verstappen tertangkap kamera melakukan kontak fisik dengan mobil balap Ferrari yang dikemudikan oleh Charles Lecler. Berbagai tim bahkan melakukan investigasi terkait insiden tersebut.

Meski mendapatkan banyak kritik, Max Verstappen tetap berhasil mengunci posisi pertama di F1 Austria 2019. Pencapaian tersebut mendapatkan respon positif dari Takahiro Hachigo sebagai Chief Executive Officer Honda Motor Co., Ltd.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami untuk kembali memenangkan F1, terutama setelah perjalanan yang tidak mudah sejak kami kembali berpartispasi pada 2015. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Max Verstappen dan Aston Martin Red Bull Racing atas kemenangan ini,” tutur Hachigo.

Kemenangan ini juga menjadi salah satu bukti kemampuan produsen asal Jepang dalam membuat mesin berperforma. Mobil balap Max Verstappen menggunakan Power Unit Honda RA619H yang merupakan mesin turbo hybrid.

“Kami telah melewati waktu sulit selama 5 tahun di atas sirkuit maupun di pabrik. Saya sangat terkesan dengan seluruh usaha yang dikerahkan tim Honda, selalu percaya pada impian mereka dan pantang menyerah hingga akhirnya dapat meraih gelar juara pada hari ini. Saya pikir, semangat ini menggambarkan moto kami yakni Power of Dreams,” tambah Hachigo.

Pada F1 2019, Aston Martin Red Bull Honda telah berhasil mengumpulkan 169 point dari sembilan balapan yang telah berlangsung. Berikut hasil akhir Formula One Austria Grand Prix 2019.

Daftar Pemenang F1 GP Austria 2019

[Amo/Idr]


Komentar