Mendiang Niki Lauda Kagumi MotoGP Share this
F1
Mode baca

Mendiang Niki Lauda Kagumi MotoGP

Denny Basudewa
pada 21 Mei 2019

Foto: Niki Lauda

WINA – Andreas Nikolaus yang akrab dipanggil Niki Lauda menghembuskan nafas terakhirnya di usia 70 tahun.

Sebagai seorang pembalap Formula, Lauda memiliki cerita panjang dengan deretan prestasi. Karirnya di balap jet darat juga masih berlanjut meskipun Ia telah menyatakan telah pensiun. Namun di balik kecintaannya kepada balap mobil, sang pembalap pernah menyatakan bahwa MotoGP lebih mengasyikkan untuk ditonton.

Lauda tercatat 2 kali menyaksikan langsung balapan MotoGP pada 2003. Ia melihat langsung dari paddock Sachsenring, Jerman dan Valencia, Spanyol. Pria kelahiran Austria tersebut menjadi saksi ketika Valentino Rossi melakukan keputusan berani yakni pindah dari Honda ke Yamaha.

“MotoGP menjadi tontonan yang jauh lebih baik karena Anda bisa melihat balapan luar biasa. Ada sekelompok pembalap terkenal yang bertarung dan saya pikir itu adalah hal terbaik yang bisa dimiliki,” ucap Lauda kala itu kepada MotoGP.com.

Legenda F1 tersebut juga menyatakan bahwa kerap menyaksikan para pembalap MotoGP berjibaku di lintasan balap melalui siaran Televisi. Namun dirinya juga menganggap tidak ada yang mengalahkan sensasi menyaksikan balapan dari pinggir trek.

“Balap motor sangat menarik untuk ditonton, karena Anda bisa melihat bagaimana pembalap berjuang dengan motornya. Sayangnya di F1 yang terjadi justru sebaliknya, mobil-mobil sangat mudah dikendalikan bahkan mereka tidak meluncur,” jelas Lauda.

Niki Lauda tidak hanya seorang pembalap yang hebat di lintasan. Ia juga dianggap panutan bagi istri, anak dan cucu-cucunya. Lauda disebut sebagai orang yang sangat penyayang.

Selamat Jalan Niki Lauda. [Dew/Idr]


Komentar