Marquez Menang tanpa Celah di MotoGP Jerez Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Menang tanpa Celah di MotoGP Jerez

Ary Dwinoviansyah
pada 05 Mei 2019

JEREZ — Marc Marquez memenangkan balapan MotoGP Jerez, Spanyol (5/5) tanpa perlawanan yang berarti. 

Jelang lanjutan musim balap 2019, Marquez sempat dikejutkan dengan performa gemilang rookie bernama Fabio Quartararo. Pembalap tim satelit Petronas Yamaha SRT ini berhasil meraih catatan waktu tercepat di kualifikasi, sehingga menempatkannya di pole position. 

Penampilan apik juga ditunjukkan rekan setimnya yakni Franco Morbidelli yang menghuni starting grid kedua. Sementara Marquez harus puas berada di urutan ketiga di sesi tersebut. Namun, Marquez membuktikan kehandalannya mengambil posisi terdepan sebelum masuk tikungan pertama Sirkuit Jerez. 

Hal ini pula yang kemudian membuatnya bisa memimpin balapan. Duet Quartararo dan Morbidelli masih bisa menguntit pembalap Repsol Honda itu hingga lap ke-10. Tapi, tekanan kemudian diberikan Maverick Vinales dan Alex Rins yang datang dari belakang. Quartararo sempat mendapatkan celah dari kesalahan Morbidelli untuk merebut posisi kedua. 

Dia bahkan sempat menjauhkan jarak dengan Morbidelli dan pembalap lain. Sayang, masasalah teknis pada motor membuat Quartararo harus menyudahi balapan lebih dini. Sementara Marquez tetap melenggang dengan gap cukup jauh, Rins justru berhasil mengambil posisi kedua setelah melewati Andrea Dovizioso, Vinales dan juga Morbidelli. 

Persaingan sengit juga terjadi antara Vinales dan Dovizioso yang tengah memperebutkan podium ketiga. Namun, Vinales masih unggul dan akhirnya bisa meraih podium pertamanya bagi tim Monster Yamaha di musim ini. 

Sama halnya dengan Rins di mana ini menjadi podium pertamanya semenjak berkarir di MotoGP. Sementara buat Marquez, itu adalah kemenangan keduanya berturut-turut setelah pada MotoGP 2018 lalu juga menjadi juara di sirkuit ini.

"Mentalitas sangat sulit. Ini sangat membantu untuk mengetahui mengapa kami jatuh di Austin. Saya bisa benar-benar smooth, berkendara seperti yang sama inginkan. Kami kecewa di Austin, tetapi sekarang kami harus menikmati kemenangan ini dan memimpin lagi kejuaraan ini," tutup Marquez. [Ary/Idr] 

Hasil MotoGP Jerez 2019: 


Komentar