Marquez Akui Honda RC213V Lebih Tangguh Dibanding 3 Tahun Lalu Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Akui Honda RC213V Lebih Tangguh Dibanding 3 Tahun Lalu

Ary Dwinoviansyah
pada 11 Mei 2018

JEREZ - Marc Marquez mengklaim kini Honda RC213V lebih baik ketimbang versi yang dipakainya 3 tahun lalu.

Marquez mengomentari perkembangan kuda besinya di MotoGP 2018. Namun, rider Repsol Honda ini baru mengakuinya setelah menorehkan dua kali kemenangan beruntun (MotoGP Austin dan MotoGP Jerez).

Apalagi, kemenangan di MotoGP Jerez (Spanyol) menjadi laga penting karena Marquez berhasil memimpin klasemen sementara. Di seri keempat itu, dia memperlihatkan penampilan gemilang meski balapan kental dengan drama.

"Poin terpenting dari motor ini adalah tenaganya di trek lurus. Sekarang kami punya kelebihan di situ," katanya.

Menurut Marquez, kunci dari peningkatan performa RC213V tersebut berada pada sektor elektronik. Mengingat mereka sempat mengalami kesulitan dengan area tersebut.

"Elektronik ini memudahkan kami untuk mengatur tenaganya menjadi lebih baik. Pada 2015, motor kami sangat bertenaga. Tapi, rumit sekali mengatasinya. Sekarang, kami punya tenaga yang dibutuhkan dan tentu saja mengontrolnya dengan baik di tikungan," terang Marquez lagi.

Jika tim Repsol Honda konsisten dengan sektor tersebut, bukan tidak mungkin langkah Marquez menjadi juara dunia MotoGP 2018 semakin mulus. Apalagi, para pesaingnya seperti tim Ducati Corse dan Movistar Yamaha juga tengah sibuk mencari setup elektronik yang tepat.

Selain itu, Marquez saat ini memimpin dengan 70 poin. Satu-satunya pesaing terdekat dia adalah Johann Zarco (Yamaha Tech3) yang berselisih 12 poin. Sementara Maverick Vinales (Movistar Yamaha) ada di urutan ketiga, terpaut 20 poin dari Marquez.

Di seri lanjutan MotoGP Le Mans (Perancis) nanti, bisa saja langkah Marquez terjegal oleh kedua pembalap tersebut. Pasalnya, Vinales merupakan pemenang di Le Mans tahun lalu. Sedangkan Zarco pasti bakal tampil all out karena ini adalah laga kandangnya. [Ary/Ari]


Komentar