Michelin Tawarkan Ban Asimetris di MotoGP Jerez Share this
MotoGP
Mode baca

Michelin Tawarkan Ban Asimetris di MotoGP Jerez

Ary Dwinoviansyah
pada 02 Mei 2018

ANDALUSIA - Michelin menawarkan pilihan ban baru bagi pembalap untuk mengatasi aspal baru sirkuit Jerez, Spanyol pada laga MotoGP akhir pekan ini.

Michelin mengklaim datang ke sirkuit Jerez dengan bekal yang lebih matang. Mereka mengatakan sudah memiliki data lengkap jelang perhelatan putaran pertama Eropa tersebut.

Berbeda dengan seri Argentina dan Amerika Serikat, kali ini Michelin sudah mendapatkan informasi dari dari tim yang melakukan tes di Jerez. Pabrikan ban asal Perancis itu membutuhkannya karena aspal Sirkuit Jerez baru saja dilapis ulang.

"Kami menuju sirkuit yang sudah diperbaiki. Jadi, tidak ada data yang nyata tentang performa ban ketika balapan. Tapi, kami sudah mendapatkan informasi dari mereka yang melakukan tes di sana," kata Piero Taramasso, Michelin Motorsport Motorcycle Manager.

Sebagai solusi, Taramasso mengatakan Michelin membawa berbagai ban yang dianggap ideal untuk Jerez. Harapannya, setiap pembalap bisa membuat pilihan terbaik dan sesuai dengan gaya balap serta motor mereka.

Sirkuit Jerez memiliki panjang lintasan 4,42 km dengan trek lurus sepanjang 607 meter disertai 5 tikungan ke kiri dan 8 ke kanan.

Di seri ini Michelin menyiapkan ban depan dan belakang dengan kompon soft, medium serta hard. Namun, mereka juga menghadirkan ban asimetris pada ban belakang. Ban ini memiliki konstruksi kompon lebih keras di bagian kanannya.

Sedangkan untuk ban basah, Michelin menawarkan tipe soft dan medium di mana keduanya juga memiliki kompon lebih keras di sisi kanan. [Ary/Ari]


Komentar