Michelin Siapkan Ban Tambahan Jelang MotoGP Argentina 2018 Share this
MotoGP
Mode baca

Michelin Siapkan Ban Tambahan Jelang MotoGP Argentina 2018

Denny Basudewa
pada 04 April 2018

Foto: Ban Michelin untuk MotoGP

PARIS – Michelin menambahkan satu pilihan ban khusus jelang bergulirnya MotoGP Argentina 2018.

Gelaran balap motor MotoGP Argentina 2018 sendiri akan dilaksanakan pada akhir pekan ini. 75 persen lintasan sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, baru saja mengalami pengaspalan ulang. Hal ini diyakini memberikan tugas yang berat bagi pembalap dalam memilih ban.

Tidak hanya semata-mata di aspal ulang, sirkuit tersebut tidak digunakan untuk sesi uji coba sama sekali. Walhasil kondisi ini membuat pekerjaan rumah baru bagi para pembalap, karena aspal baru membuat ban kurang mendapat traksi.

Guna mengatisipasi hal tersebut di atas, Michelin menawarkan satu pilihan tambahan ban bagi para pembalap MotoGP. Pada umumnya pabrikan ban asal Perancis itu hanya memboyong tiga pilihan ban, untuk menghadapi seri balapan.

Adapun empat pilihan yang ditawarkan oleh Michelin adalah satu kompon soft, dua medium dan satu hard baik untuk ban depan maupun belakang. Disebutkan bahwa dua ban medium untuk ban depan memiliki kompon yang berbeda. Sementara pada ban belakang menggunakan casing yang berbeda.

“Argentina menjadi sirkuit yang selalu memberikan kami tantangan lebih selama dua tahun balapan di sini. Lintasan balap ini bisa jadi sangat panas, memiliki tingkat abrasi yang sangat tinggi kemudian bisa jga hujan dan temperaturnya turun drastis,” ucap Piero Taramasso, Michelin Motorsport Two-Wheel Manager.

Menurutnya pengalaman menyediakan ban untuk para pembalap pada tahun lalu, bukanlah sebuah jaminan kesuksesan. Kondisi aspal yang sebagian besar masih baru, menjadi salah satu penyebab berubahnya data seputar sirkuit.

Meskipun dihadapkan dengan tantangan berat, pihak Michelin meyakini bahwa dengan pengalamannya selama ini, mampu membuatnya mengatasi setiap masalah. [Dew/Ari]


Komentar