Marquez Cetak Kemenangan Ke-300 Honda di MotoGP Prancis Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Cetak Kemenangan Ke-300 Honda di MotoGP Prancis

Ary Dwinoviansyah
pada 19 Mei 2019

LE MANS — Marc Marquez menyempurnakan penampilannya di Sirkuit Le Mans setelah berhasil memenangkan balapan MotoGP Prancis, Minggu (19/5). 

Sebelum dimulainya balapan, Marquez sudah lebih dulu menancapkan satu taringnya dengan merebut pole position di kualifikasi. Namun, dirinya harus tetap mewaspadai tekanan yang bakal diberikan Danilo Petrucci dan Jack Miller. Itu lantaran kedua pembalap Ducati ini akan start dari baris pertama. 

Benar saja, Petrucci melakukan start dengan mulus dan hampir saja memimpin balapan. Tapi, Marquez cepat bereaksi untuk menutup langkah pembalap pabrikan Ducati itu memimpin balapan. Selang 2 lap, Miller yang sudah berhasil menghuni urutan kedua terus menguntit Marquez. 

Di lap ke-4, Miller menyerang Marquez untuk menggesernya dari posisi pertama. Sayangnya, keadaan tersebut hanya berlangsung sesaat karena Marquez kembali berhasil memimpin. Pada duel tersebut lah muncul peluang bagi Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi untuk turut berburu podium. 

Namun, Marquez yang sudah lepas dari tekanan semakin menjauh. Sementara itu, Rossi rupanya tak sanggup meladeni ketangguhan tiga penunggang Ducati (Dovizioso, Petrucci dan Miller) karena masing-masing punya misi untuk mengangkat trofi di balapan kali ini. 

Balapan pun akhirnya dimenangkan oleh Marquez. Kemenangan tersebut juga memperkuat kedudukan pembalap Repsol Honda di puncak klasemen sementara MotoGP 2019 dengan 95 poin. Selain itu, Marquez juga sukses memberikan kemenangan ke-300 untuk Honda di seri kali ini. 

"Saya pikir ini adalah pertama kalinya saya balapan menggunakan ban soft. Ini juga berita yang baik untuk kami (Honda) karena biasanya di trek ini Ducati dan Yamaha cepat," ujar Marquez usai balapan tadi. 

Sedangkan untuk podium kedua dan ketiga menjadi pertarungan antara Dovizioso dengan Petrucci. Di 5 lap terakhir, dua rider Ducati Corse ini saling berbalas serangan. Meskipun, Dovizioso lah yang berhasil menyentuh garis finish lebih dulu di depan rekan setimnya tersebut. Pencapaian ini pun mendongkrak urutan Dovizioso ke urutan dua klasemen. [Ary/Idr]

Hasil MotoGP Prancis: 


Komentar