Marc Marquez Akui Dapat Tekanan Share this
MotoGP
Mode baca

Marc Marquez Akui Dapat Tekanan

Insan Akbar
pada 05 Februari 2020

JAKARTA – Marc Marquez, pebalap tim Repsol Honda, mengungkapkan bagaimana rasanya menjadi pebalap terbaik MotoGP selama enam kali. Ia mengakui keberhasilan ini menimbulkan tekanan lebih dalam mengawali musim MotoGP 2020, tapi ia menyukainya.

Marc dan rekan barunya, Alex Marquez, pada Selasa (4/2/2020) sore diperkenalkan sebagai duo pebalap tim Repsol Honda untuk MotoGP 2020. Indonesia lagi-lagi terpilih menjadi lokasi perkenalan tim Repsol Honda untuk musim yang baru.

Marquez sendiri bisa dikatakan sebagai pebalap MotoGP terbaik saat ini. Ia sudah memenangkag titel Juara Dunia MotoGP sebanyak enam kali, dan empat di antaranya ia rengkuh selama empat tahun berturut-turut.

Pebalap bernomor motor 93 tersebut pertama kali meraih titel pada 2013, dilanjutkan kemudian pada 2014. Titel selanjutnya digapai pada 2016, 2017, 2018, serta 2019.

Saat ini Marquez dan tim Repsol Honda sedang menjalani pramusim. Ia mengakui ada tekanan dalam mempertahankan statusnya.

“Tentu saja ada tekanan ekstra dalam mempertahankan titel, daripada saat merebutnya. Tapi saya suka itu. Artinya, orang-orang berekspektasi lebih dari dirimu karena performa kamu di masa lalu yang terus kamu pertahankan hingga detik ini,” tandasnya dalam sesi tanya-jawab dengan wartawan media massa, termasuk Otospirit.com.

Marquez menegaskan ia dan tim akan bekerja keras selama pramusim karena semua tim akan melakukan itu demi berkembang. Saat Grand Prix pertama musim ini dimulai, semua pebalap sama-sama mengawali dari nol lagi.

“Di luar hal itu, tentu kami akan coba mempertahankan titel. Ini bakal menantang, seperti juga pada tahun-tahun sebelumnya. Kami harus fokus pada boks (pit) kami. Kami mesti mencari kompromi paling pas antara tim, motor, dan pebalap. Dengan berhasil melakukan itu, potensi terbaik kami akan muncul,” papar dia.

Pada musim MotoGP 2019, tim Repsol Honda sukses besar. Selain bisa membawa Marquez meraih Juara Dunia, mereka bersama-sama meraih Juara Konstruktor dan Juara Tim.

Grand Prix perdana di MotoGP 2020 bakal digelar di Qatar. Adapun tanggalnya ialah 8 Maret. [Xan/Ari]


Komentar