Mantan CEO Volkswagen Tutup Usia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mantan CEO Volkswagen Tutup Usia

Helmi  Reinaldi
oleh Helmi Reinaldi
pada 28 Agustus 2019

Foto: Ferdinand Piech

MUNICH – Kabar duka menyelimuti pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen (VW). Mantan CEO mereka, Ferdinand Piech meninggal dunia di usia 82 tahun.

Piech dilaporkan tengah menghadiri sebuah acara pada tanggal 25 Agustus 2019. Saat sesi makan malam berlangsung, dia mengalami pingsan dan segera dilarikan ke rumah sakit terdekat. Keesokan harinya, Piech dikabarkan telah menghembuskan nafas terakhir dengan penyebab kematian yang tidak disebutkan.

Pihak VW merilis ungkapan duka cita atas berpulangnya mantan bos mereka ke hadapan sang pencipta. Tidak lupa, mereka juga menyampaikan rasa terima kasih atas jasa dan kontribusi yang diberikan Piech pada VW.

“Ferdinand Piech telah menulis sejarah di dunia otomotif. Perusahaan kami berutang banyak kepada Prof. Piech. Dengan rasa hormat yang mendalam, kami sangat berterima kasih pada kontribusinya semasa hidup. Kami akan selalu menjaganya dan apa yang telah ia kerjakan dengan rasa hormat,” ujar Hans-Dieter Potsch, Chairman of the Supervisory Board of Volkswagen.

Piech lahir pada tahun 1937 dari pasangan Anton dan Louise Piech. Pria kelahiran Wina, Austria ini memulai karir otomotifnya di Porsche pada tahun 1963. Proyek besar pertamanya adalah saat mengembangkan mobil balap Porsche 906.

Karena masalah internal, Piech memutuskan untuk hengkang ke Audi pada tahun 1972. Kinerja brilian Piech membuatnya dipercaya menjadi CEO VW pada 1993.

Kepemimpinan Piech bukannya tanpa cela. Pada tahun 2015 ia terpaksa melepas jabatannya saat VW terindikasi melakukan kecurangan pada tes emisi mesin diesel.

Apapun itu, kontribusi Piech pada dunia otomotif layak untuk mendapatkan penghormatan. Selamat jalan, Ferdinand Piech! [Hlm/Idr]


Komentar