Kawasaki Ninja ZX-25R di Indonesia Beda Spek dengan Jepang Share this
Berita Motor
Mode baca

Kawasaki Ninja ZX-25R di Indonesia Beda Spek dengan Jepang

Denny Basudewa
pada 20 Maret 2020

Foto: Kawasaki Ninja ZX-25R

JAKARTA – Kawasaki Ninja ZX-25R hadir mendobrak trend motor seperempat liter, dengan menawarkan konfigurasi mesin empat-silinder.

Sebenarnya mesin 250 cc dengan konfigurasi empat-silinder bukan pertama kalinya dari Kawasaki. Geng Hijau ini menghadirkan kembali mesin legendaris tersebut dengan sejumlah pengembangan tentunya. Sejumlah teknologi terkini disematkan sehingga mesin mampu menghasilkan performa lebih baik.

Kawasaki Ninja ZX-25R dikatakan telah melalui pengembangan yang pada ujungnya menghasilkan pengalaman berkendara berbeda. Dengan kemampuan lebih baik dari kompetitor sekelasnya, Ninja ZX-25R diharapkan bisa berbicara lebih banyak di atas lintasan sirkuit.

Hal ini diungkapkan oleh Eiko Kirino selaku Manager Marketing Department, Motorcycle & Engine Company Kawasaki Heavy Industries, Ltd kepada media lokal Jepang, Young Machine. Eiko sendiri merupakan sosok kunci yang ikut mengembangkan Ninja ZX-25R.
“Saat ini motor kelas 250 cc terus dikembangkan untuk menghadirkan kesenangan bagi para pengendara. Oleh karena itu, berbagai pengembangkan dilakukan hingga limit, sementara Ninja ZX-25R konsepnya dikembangkan untuk bisa menyenangkan digunakan di jalan raya maupun sirkuit,” tutur Eiko.

Ia juga mengatakan bahwa Kawasaki Ninja ZX-25R diharapkan bisa masuk ke dalam kelas WSS300 yang digelar bersamaan dengan World Superbike di Eropa. Saat ini Kawasaki menurunkan Ninja 400 untuk bertarung di kelas WSS300 melawan KTM RC390, Yamaha R3 dan Honda CBR500.

Indonesia digadang-gadang merupakan pasar motor sport 250 cc yang paling besar, namun hal ini justru salah. Eiko mengatakan bahwa pasar Jepang untuk ZX-25R lebih tinggi dari perkiraan. Hal ini mungkin karena performa mesin yang lebih besar dibandingkan para kompetitor di kelasnya.

Kepada Young Machine, Eiko mengatakan Kawasaki Ninja ZX-25R di Jepang akan memiliki performa yang berbeda dengan Indonesia. Sayang wanita yang terlibat dan menjadi bagian penting dalam pengembangkan motor ini belum bisa mengungkapkan apa saja perbedaanya.

“Spesifikasinya antara kedua negara berbeda. Kami belum mendapat persetujuan untuk menjelaskan lebih jauh, namun seharusnya perbedaannya akan sangat banyak,” jelas Eiko.

Kawasaki Ninja ZX-25R dikatakan telah dilengkapi dengan kontrol traksi dan juga quick shifter. Selain itu raungan mesin khas empat-silinder dari ZX-25R juga menjadi salah satu keunggulan motor ini. [Dew/Idr]


Komentar