Kawasaki Ninja ZX-25R Temukan Habitatnya di Sentul Share this
Review Motor
Mode baca

Kawasaki Ninja ZX-25R Temukan Habitatnya di Sentul

Denny Basudewa
pada 16 July 2020

Foto: Kawasaki Ninja ZX-25R

BOGOR – Kawasaki Ninja ZX-25R menyuguhkan performa dan fitur mengagumkan di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (15/07/2020).

Setelah diluncurkan pada 10 Juli 2020, KMI akhirnya membuka kesempatan untuk para awak media untuk merasakan buasnya ZX-25R. Karena masih dalam kondisi pandemi, suasana sirkuit terasa berbeda dan kami tidak memiliki banyak waktu, untuk mengenal lebih jauh motor yang tengah ramai diperbincangkan.

Puluhan awak media termasuk Otospirit.com, berkesempatan untuk membuktikan performa sesungguhnya dari Ninja ZX-25R. Selama 3 lap atau putaran, motor fenomenal dari PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) ini memberikan kami pengalaman baru mengendarai motor sport 250 cc.

  • Dimensi

Varian Kawasaki Ninja ZX-25R
Ketika pertama kalinya naik di atas motor, Kawasaki Ninja ZX-25R ternyata tidak terlalu tinggi dan lebar, mengingat mesinnya empat silinder. Lebar kendaraan 750 mm dengan ketinggian jok dari tanah 786 membuat saya ‘jingjit’ saat berada di atas motor. Sejatinya hal ini tidak menjadi masalah bagi pengendara yang postur tubuhnya tinggi di atas 170 cm.

Lalu saat tangan mulai menjangkau kemudi terasa sangat pas bagi saya. Artinya tidak terlalu rendah yang berpotensi membuat cepat lelah digunakan sehari-hari. Namun tetap menantang saat membesutnya di sirkuit.

Posisi panel meter dan windshield sendiri tidak menyulitkan pengendara. Kecepatan bisa dilihat jelas melalui panel digital, sementara bukaan rpm bisa terpantau melalui takometer analog. Dimensi tangki bahan bakar yang bisa menampung 15 liter juga tidak kebesaran.

Paling menyenangkan sekaligus menengangkan adalah bobotnya. Untuk diketahui Ninja ZX-25R versi standar bobotnya 180 kg, sementara varian ABS/SE beratnya 182 kg. Kemudian pada edisi sebelumnya, Ninja 250 2-silinder bobotnya hanya 164 kg. Meskipun lebih berat sekitar 18 kg, namun motor ini terasa lebih ringan.

  • Performa

Performa Kawasaki Ninja ZX-25R
Tidak butuh waktu lama, petugas sirkuit sudah memperbolehkan para awak media yang dalam satu grup terdiri dari lima motor. Sebelum memulai pengalaman dengan Ninja ZX-25R, tenaga motor sudah terasa berlimpah saat mesin dihidupkan.

Mesin 4-silinder Ninja ZX-25R seakan terlahir untuk meraung-raung bak singa kelaparan. Tidak heran banyak orang membicarakan soal rpm karena kendaraan ini terasa sangat mudah dan cepat untuk mencapai redline.

Masuk ke lintasan, kuda besi ini seperti menemukan habitat aslinya. Mesinnya dengan senang hati melayani penggunanya untuk berakselerasi. Menjalani putaran pertama, motor ini memberikan kesan sangat menyenangkan, terutama bagi penyuka kecepatan.

Tenaganya yang diklaim mencapai 48 hp, terasa sangat mudah digali. Kecepatan maksimal yang ditempuh pada sirkuit ini hanya menyentuh 150 km/jam. Karena bobot pengendara cukup berlebih sehingga menahan performa asli motor.

Namun bagian paling menyenangkan bagi pengendara adalah fitur dual quick shifter. Fitur yang baru berfungsi optimal saat rpm beranjak dari angka 2.500 ini sangat memudahkan saat melibas setiap tikungan.

Bagi pengendara biasa yang tidak terlalu sering melahap aspal Sentul dengan kuda besi, fitur Ninja ZX-25R di atas sangat membantu. Saat masuk tikungan, pengendara tidak perlu menarik tuas kopling menurunkan gigi. Begitupun saat berakselerasi kopling tidak lagi dibutuhkan.

Terlebih sirkuit Sentul yang memiliki tikungan relatif pendek, pengendara cukup memastikan rpm tetap berada di atas 2.500 agar fiturnya bekerja optimal. Terlebih bagi pemula, dual quick shifter membantu pengendara tetap stabil baik saat masuk maupun keluar tikungan.

  • Kesimpulan

Kawasaki Ninja ZX-25R 2020
Sebagai motor yang dipasarkan dengan harga Rp 96 juta hingga Rp 112 juta, Kawasaki Ninja ZX-25R rasanya mampu melebihi ekspektasi konsumen. Dibandingkan dengan kompetitornya yakni Honda CBR250RR dan Yamaha R25, Ninja ZX-25R lebih unggul soal teknologi maupun performa.

Mungkin banyak orang membandingkan motor ini berdasarkan harga jualnya, namun pada akhirnya Ninja ZX-25R merupakan pilihan baru konsumen yang menyukai motor jenis sport. Dari segi industri otomotif khususnya roda dua, hadirnya ZX-25R sedikit banyak akan kembali menggairahkan segmen motor sport yang saat ini hanya berkisar di angka 6 persen saja penjualannya di Tanah Air.

Kawasaki Ninja ZX-25R juga akan mendorong pabrikan lain untuk menghadirkan performa dan fitur yang lebih baik di masa depan. Kabarnya Honda tengah mengembangkan CBR250RR yang memiliki performa mesin di atas 50 hp. Bisa dipastikan jika CBR250 terbaru hadir, akan kembali menggairahkan kelas 250 di jalan raya maupun balapan. [Dew/Idr]


Komentar