Ini Rasanya Ban Mobil Dunlop SP Sport LM705 Share this
Berita Mobil
Mode baca

Ini Rasanya Ban Mobil Dunlop SP Sport LM705

Adi Hidayat
pada 21 Februari 2020

BEKASI – PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo), produsen ban Dunlop di Indonesia mengklaim bahwa setidaknya ada tiga keunggulan utama yang dimiliki oleh Dunlop SP Sport LM705.

Pertama adalah kemampuan ban dalam menyerap suara gesekan jalan sehingga berkendara bisa lebih senyap. Selanjutnya adalah kemampuan ban dalam meredan getaran sehingga berkendara menjadi lebih nyaman dan kemampuan ban dalam bermanuver sehingga tingkat keselamatan lebih tinggi.

Untuk menunjukkan keunggulan tersebut, kami pun mencoba ban tersebut menggunakan dua unit mobil Toyota Camry. Mobil pertama menggunakan ban kompetitor dan mobil kedua menggunakan ban Dunlop Dunlop SP Sport LM705. Keduanya diuji dilintasan yang sama dan kami duduk di belakang pengemudi.

Pengujian pertama menggunakan mobil yang dibekali dengan ban kompetitor sebagai benchmark. Sementara pengujian kedua menggunakan mobil dengan ban Dunlop SP Sport LM705 di lintasan yang sama.

Pengujian pertama adalah kesenyapan dengan kecepatan di bawah 50 km/jam di lintasan lurus. Perlu konsentrasi untuk bisa menemukan perbedaan di antara keduanya karena memang tidak berbeda jauh. Kesulitan lain adalah tidak ada alat yang bisa menunjukkan berapa desibel suara di dalam kabin. Meski demikian, kami memang merasakan bahwa Dunlop SP Sport LM705 memiliki kesenyapan yang lebih baik.

Kemudian pengujian adalah kemampuan ban dalam menyerap getaran dari jalan yang tidak rata. Ini pun terbilang sulit karena memang sangat bergantung pada kecepatan mobil saat melintas. Meski demikian, guncangan pada ban Dunlop SP Sport LM705 memang sedikit lebih lembut dibandingkan kompetitor.

Pengujian terakhir adalah pada kestabilan berkendara. Pada pengujian ini, mobil dikemudian dengan kecepatan sekitar 90 km/jam kemudian langsung diarahkan ke kanan dan ke kiri. Pengujian ini lebih mudah dirasakan karena sliding pada ban Dunlop SP Sport LM705 tidak sejauh yang terjadi pada ban kompetitor.

Secara umum, Dunlop SP Sport LM705 memang lebih unggul dibandingkan kompetitornya. Terlebih pengujian dilakukan di lintasan basah yang terbilang sulit untuk dikendalikan. Hal ini karena Dunlop telah menggunakan teknologi terbaru mereka yag disebut Shinobi.

Teknologi ini berfokus pada rekayasa rancang dinding sampng ban agar lebih fleksibel dibanding sebelumnya. Dengan ini maka ban lebih baik dalam menyerap kejutan dan gesekan dari dari jalan. Dengan segala keunggulan tersebut, Dunlop SP Sport LM705 bisa menjadi pilihan baru untuk mobil penumpang. [Adi/Idr]


Komentar