Gokil, Mesin Mobil F1 Untuk Bikin Kopi Share this
Modifikasi
Mode baca

Gokil, Mesin Mobil F1 Untuk Bikin Kopi

Ahmad  Richad
pada 13 Mei 2020

Foto: Mesin Kopi Serie Titanio F1

JAKARTA - Sejatinya jantung pacu di Formula One (F1) merupakan sebuah mesin yang dikenal dengan suara gahar dan melengking. Namun jika melihat mesin F1 satu ini, kalian tidak akan menemukan raungan tersebut.

Pasalnya mesin modifikasi F1 bernama Serie Titanio yang didesain oleh perusahaan Super Veloce ini, merupakan sebuah mesin yang bisa memproduksi minuman kopi.

Dilansir dari situs Autoevolution, mesin kopi ini terinspirasi dari desain mesin mobil balap F1 yang dilahirkan dengan berbagai aturan balap, dan kerap memaksa setiap pabrikan untuk berkreasi menciptakan mesin terbaik sesuai dengan aturan yang ada.

Untuk urusan harga, karena desainnya menyerupai mesin mobil balap F1 tentunya banderol yang ditawarkan tidak terbilang murah. Mesin kopi ini dijual dengan harga 10.000 euro atau setara Rp 161 juta.

Seperti diketahui, hingga sekarang mesin Formula 1 sendiri selalu alami pengubahan sejak ajang bergengsi ini diselenggarakan. Dimulai dengan mesin V8, V10, V12 hingga keputusan untuk menggunakan mesin V10 pada tahun 2000 silam. 

Dengan sejarah yang panjang tersebut bukan tidak mungkin kedepannya teknologi dapur pacu F1 akan menggunakan full listrik atau minimal dengan mesin hybrid.

Sebagai informasi, saat ini kejuaraan dunia F1 musim 2020 masih belum jelas kapan akan dimulai, pasalnya beberapa jadwal balapan Jet Darat tersebut terpaksa dihentikan karena wabah Covid-19. Bahkan ada rumor F1 2020 bakal digelar tanpa penonton. [Ric/Idr]


Komentar