Aduh! F1 China 2020 Ditunda Gara-Gara Virus Corona Share this
F1
Mode baca

Aduh! F1 China 2020 Ditunda Gara-Gara Virus Corona

Insan Akbar
pada 14 Februari 2020

JAKARTA – Jadwal Formula One (F1) musim 2020 pun terganggu oleh wabah virus Corona. Pasalnya, China menjadi salah satu tuan rumah ajang balap ‘jet darat’ tersebut.

Penundaan diajukan langsung oleh Promotor Grand Prix F1 China, Juss Sports Group. Organisator F1 plus Federasi Balap Dunia (Federation Internationale d’Automobile/FIA) sudah menyetujuinya.

Grand Prix F1 China musim ini sendiri sebenarnya akan berlangsung beberapa bulan lagi, tepatnya pada 17 – 19 April. Pengajuan oleh Juss Sports Group terjadi setelah mereka berdiskusi dengan Federation of Automobile and Motorscycle Sports of People’s Republic of China (CAMF) serta Shanghai Administration of Sports.

Sekadar mengingatkan, virus Corona muncul di Wuhan, China pada akhir 2019 dan makin merebak ke dalam dan luar negara tersebut. Berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, per Jumat (14/2/2020) pagi ini sudah 64.291 orang di seluruh dunia terinfeksi virus dan angka kematian mencapai 1.489.

Pihak penyelenggara F1 bersama FIA menyetujui permintaan penundaan tersebut. Adapun alasan mereka adalah demi memastikan kesehatan dan keamanan dari semua staf, partisipan, dan penggemar yang terlibat dalam balapan di Shanghai International Circuit ini.

“Grand Prix China telah dan masih menjadi bagian penting dari kalender F1 dan para penggemar di sana selalu luar biasa,” ucap penyelenggara F1, seperti dikutip dari Carscoops baru-baru ini.

Situasi akan terus dimonitor oleh penyelenggara F1, FIA, Juss Sports Group, CAMF, dan otoritas setempat. Semua pemangku kepentingan juga sepakat mempelajari kemungkinan tanggal penyelenggaraan alternatif yang aman dan tepat.

“Kami semua menantikan tibanya balapan di China secepat mungkin dan berharap yang terbaik bagi semua pihak di negara itu di masa-masa sulit seperti sekarang,” lanjut organisator F1.

Menurut laporan dari media China, kemungkinan Grand Prix F1 China akan mundur sampai pertengahan September atau awal Oktober. Bisa jadi, mereka akan menjadi tuan rumah di antara Grand Prix Rusia pada 27 September dan Grand Prix Jepang pada 10 Oktober.

F1 musim 2020 rencananya akan dimulai pada 15 Maret nanti di Australia. China awalnya akan menjadi tuan rumah keempat, tepat setelah negara pendatang baru Vietnam. [Xan/Ari]


Komentar