Pembalap Positif Corona, F1 Australia Dibatalkan Share this
F1
Mode baca

Pembalap Positif Corona, F1 Australia Dibatalkan

Ahmad  Richad
pada 13 Maret 2020

MELBOURNE - Seri awal Formula One (F1) 2020 yang akan digelar pada 13-15 Maret 2020 di sirkuit Albert Park, Australia, terpaksa dibatalkan karena dua pembalap dari MCLaren Racing dinyatakan positif virus corona (Covid-19).

Informasi pembatalan ini diambil setelah Formula 1 dan FIA mengadakan pertemuan dengan tim-tim lain pada Kamis malam. Dan hasil diskusi tersebut menyatakan mayoritas balapan tak dapat melanjutkan balapan di seri pembuka Formula 1. 

"Dari hasil diskusi menyatakan pandangan mayoritas tim tidak dapat melanjutkan balapan. FIA dan Formula 1, dengan dukungan penuh dari Grand Prix Corporation Australia (AGPC) telah mengambil keputusan bahwa semua kegiatan Formula 1 untuk Grand Prix Australia dibatalkan,” demikian pernyataan dikutip dari laman resmi F1, Jumat (13/3/2020).

Sebelumnya CEO McLaren Racing Zak Brown dan Team Principal McLaren Andreas Seidl menyatakan, bahwa timnya memutuskan mundur dari seri balap perdana Formula 1 Grand Prix Australia 2020.

Keputusan berat tersebut diambil usai dua pembalapnya Carlos Sainz dan Lando Norris dinyatakan positif terkena wabah virus Covid-19. Saat ini kedua pembalap tersebut tengah dirawat oleh tim kesehatan setempat dan dikarantina.

“Kami menghargai ini adalah berita yang sangat mengecewakan bagi ribuan penggemar yang ingin menghadiri balapan dan semua pemegang tiket akan menerima pengembalian uang penuh,” tutup pernyataan Formula 1.

Sebagai informasi, GP Australia merupakan balapan F1 kedua yang dibatalkan setelah GP China. Belum diketahui apakah GP Bahrain yang akan berlangsung sebagai seri kedua 22 Maret mendatang tetap berlangsung atau dibatalkan. [Ric/Idr]


Komentar