GIICOMVEC 2020, Menperin: Ekonomi Tak Boleh Tersandera Share this
Berita Mobil
Mode baca

GIICOMVEC 2020, Menperin: Ekonomi Tak Boleh Tersandera

Adi Hidayat
pada 05 Maret 2020

JAKARTA – Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 resmi dibuka oleh Agus Humiwang, Menteri Perindustrian Republik Indonesia.

Pameran yang digelar mulai hari Kamis, 5 Maret 2020 ini diharapkan bisa menjadi pendorong industri otomotif di Indonesia. Pasalnya saat ini kondisi perekonomian Indonesia masih mengalami tekanan cukup berat.

“Event ini merupakan momentum yang baik karena keadaan indonesia sedang menghadapi tekanan ekonomi yang besar ditambah lagi dengan adanya wabah corona. Ini Saya meminta agak jangan kita mendikotomikan antara covid 19 dan membangun industri. Membangun ekonomi tidak boleh tersandera dengan adanya covid 19,” tegas Agus Gumiwang, Menteri Perindustrian saat pembukaan GIICOMVEC 2020.

Penyelenggaraan GIICOMVEC 2020 memang sangat menantang karena adanya wabah virus Corona yang berasal dari Cina. Kondisi ini dinilai cukup mempengaruhi kondisi ekonomi dan industri otomotif Industri. Namun, Ia menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap fokus mengembangkan industri.

“Ada aparat kesehatan yang menangani, menanggulangi wadah covid 19. Kita percayakan pada mereka. Di satu sisi, tanggung jawab kita adalah bagaimana membangun perkonomian nasional melalui pertumbuhan industri manufaktur khususnya otomotif,” tambahnya kemudian

Untuk itulah, GIICOMVEC menjadi sebuah langkah penting untuk mengembalikan kondisi industri. Optimisme tersebut pun membuat DFSK, Hino, Mitsubishi Fuso dan Suzuki akan meluncurkan model-model terbaru mereka. Dengan peluncuran model baru tersebut, industri otomotif khususnya kendaraan komersial diharapkan bisa membaik.

Selain itu beberapa brand lain juga membawa kendaraan komersialnya dalam ajang ini. Sebut saja Daihatsu, FAW, Isuzu, Kia, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks serta United Tractors.

Selain brand kendaraan komersial, sejumlah perusahaan komponen otomotuif juga mengenalkan produk-produk mereka. Kehadiran mereka menjadikan GIICOMVEC sebagai tempat yang tepat untuk melakukan transaksi kendaraan komersial. [Adi/Idr]


Komentar