Jangan Lupa Hapus Data di Sistem Hiburan Kendaraan Rental Share this
Tips
Mode baca

Jangan Lupa Hapus Data di Sistem Hiburan Kendaraan Rental

Adi Hidayat
pada 13 Desember 2017

LONDON – Sistem hiburan pada kendaraan kini semakin banyak yang bisa dikoneksikan dengan smartphone sang pengguna kendaraan.

Hal ini sangat memudahkan pelanggan khususnya mereka yang memiliki kebutuhan untuk terus terkoneksi dengan dunia luar meski sedang berkendara. Namun, sistem tersebut ternyata harus hati-hati dalam penggunannya, terutama bagi mereka yang menggunakan mobil rental.

Pasalnya, dengan menyambungkan smartphone pada sistem hiburan maka Anda mengorbankan privasi Anda. Berdasarkan laporan Privacy International, dengan menyambungkan smartphone ke sistem hiburan maka data privacy seperti alamat rumah, rute berpergian bisa terbaca oleh mobil. Parahnya lagi adalah bila ternyata data tersebut tersimpan kemudian dimanfaatkan oleh orang lain.

“Ada sekitar lima hingga 10 pengenal telepon berbeda yang bisa disimpan, bila Anda terhubung dengan Bluetooth, maka sistem tersebut akan menyimpan pengenal Anda. Kami juga melihat dari sistem navigasi. Ada banyak lokasi yang tersimpan di dalamnya,” ungkap Millie Graham Wood, Solicitor and Legal Officer Privacy International.

Sementara itu, perusahaan rental juga lepas tangan terhadap hal ini. Mereka berharap bahwa pelanggan akan menghapus datanya sendiri setelah menggunakan kendaraan yang disewa.

“Dengan ini maka setiap penyewa kendaraan bertanggung jawab untuk menghapus data mereka saat mereka mengembalikan mobil rental. Hal ini untuk menghindari data-data tersebut dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.

Jadi, bila Anda sedang berencana untuk menyewa kendaraan di masa depan, perhatikanlah tentang informasi yang akan anda bagikan dengan sistem hiburan. Tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu sedikit lebih banyak agar data yang Anda bagikan sudah dihapus. [Adi/Ikh]


Komentar