Daihatsu Akui Wuling Beri Pencerahan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Daihatsu Akui Wuling Beri Pencerahan

Adi Hidayat
pada 24 Juli 2019

TANGERANG – Kehadiran fitur Wuling Indonesian Command (WIND) pada Wuling Almaz rupanya berhasil membuka mata para produsen mobil untuk mengembangkan kendaraan yang lebih baik.

Salah satu yang merasa fitur WIND merupakan sebuah terobosan adalah PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM). Bagi mereka, kehadiran fitur WIND pada Wuling Almaz berhasil memberikan pencerahan untuk mengembangkan produk di masa depan.

“Belum (terpikirkan untuk membuat voice commad dalam Bahasa Indonesia). Baru Bahasa Inggris karena kami pikir (fitur) ini untuk pasar global. Betul ini merupakan sisi postif dari kompetisi. Membuat kami akhirnya tercerahkan. Ke depannya harus dipikirkan (untuk menggunakan fitur serupa),” ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM.

Ia pun menambahkan bahwa pencerahan ini membuat Daihatsu akan lebih fokus untuk mengembangkan kendaraan yang cocok di Indonesia. Pengembangan kendaraan akan terus dilakukan termasuk kemungkinan untuk menggunakan fitur serupa.

“Saya menghargai Wuling yang mengerti kebutuhan ini (Voice Command Bahasa Indonesia). Kami masih (menggunakan) Bahasa Inggris dan ini menjadi masukan untuk kami agar kedepannya lebih mengerti kebutuhan masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Sebelumnya, Wuling Motors Indonesia membuat gebrakan dengan meluncurkan Wuling Almaz yang telah dilengkapi fitur WIND (Wuling Indonesian Command. Seperti namanya, fitur tersebut memungkinkan pengemudi dan orang-orang di dalam kabin mengoperasikan beragam fitur maupun berinteraksi dengan kendaraan dengan menggunakan suara, khususnya bahasa Indonesia.

“Fitur Wind sudah mengenal beberapa perintah suara sehingga tidak membuat bahasa terkesan kaku. Untuk membuka sunroof bisa seperti ‘tolong buka sunroof’ atau ‘buka sunroof’ dan sebagainya. Bahkan untuk pengucapan yang terdengar mirip, Wind masih bisa mengenalinya. Contohnya ‘buka jendela’ menjadi ‘buka jendelo’. Jadi tidak akan ada masalah dengan dialek,” Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Namun, PT ADM sebenarnya bukan hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dengan tangan hampa. Mereka menggelar world premiere sebuah mobil konsep yang diberi nama Hy-Fun Concept.

Mobil ini digadang-gadang akan menjadi MPV pertama Daihatsu yang menggunakan platform baru yaitu Daihatsu New Global Architecture. Platform ini rencananya akan digunakan oleh Daihatsu dalam mengembangkan kendaraan, setidaknya hingga 10 tahun mendatang. [Adi/Idr]


Komentar