Wuling Almaz Punya Fitur Safety Terbaik di Kelasnya Share this
Berita Mobil
Mode baca

Wuling Almaz Punya Fitur Safety Terbaik di Kelasnya

Denny Basudewa
pada 03 Mei 2019

Foto: Wuling Almaz

JAKARTA - Tak berlebihan rasanya jika Wuling Almaz mengedepankan tagline 'Drive Unlimited Way' karena PT SGMW Motors Indonesia telah membekalinya dengan beragam fitur pendukung yang mumpuni.

 

Kami masih ingat ketika harga SUV (sport utility vehicle) diperkenalkan pada 27 Februari 2019 lalu. Kali itu, Yin Yi selaku Brand & Marketing Director Wuling Motors mengatakan Almaz didesain untuk kenyamanan.

 

Untuk itu, racikannya pun harus jitu mengingat sang berlian (arti kata Almaz) tak bermain sendirian di segmen SUV 5-seater. Apalagi, pihak Wuling Motors menjamin Almaz menghadirkan kemudahan bagi pengendara. Salah satunya adalah tampak pada penyematan empat titik kamera pada bagian depan, belakang serta kedua sisi spion.

Maklum, Almaz punya wheel base 2.750 mm (lebih panjang dari SUV 7-seater). Dengan ini, pemilik merasa lebih safety karena dapat memantau kondisi sekitar dengan sajian kamera 360 derajat. Tampilannya pun bisa dilihat pada layar multimedia touchscreen berukuran 10,4 inci.

Fitur ini juga dapat dikontrol oleh pengendara melalui control cluster di dashboard, tepatnya sebelah kanan kemudi. Bagian itu juga terintegrasi dengan tombol lain, Seperti pengaturan serta melipat spion hingga untuk menyetel ketinggian lampu utama.

Sisi kenyamanan yang juga ingin disentuh pihak pabrikan pun tampak pada penerapan electric parking brake (EPB) plus Automatic Vehicle Holding (AVH). Fitur ini bisa ditemui pada konsol tengah antara jok pengemudi dan penumpang depan. Dan, di situ pula terdapat tombol pengunci serta pembuka pintu.

Namun, ada modal utama yang ditawarkan Wuling Almaz yakni mesin DOHC DVVT 4 silinder 1.500 cc berpelengkap turbocharger. Tentu saja tak sekedar punya tenaga besar, SUV berpenggerak roda depan ini pun telah mengaplikasi perangkat keselamatan terbaik. Sebut saja Traction Control System (TCS) yang akan bekerja otomotis agar traksi roda tetap mendapatkan grip maksimal, meski menemui kondisi jalan licin.

Selanjutnya, Electronic Stability Control (ESC) menjadi modal demi menghilangkan kekhawatiran saat bermanuver agresif. Sensor pada fitur ini akan menginformasikan jika adanya potensi mobil kehilangan kendali. Maka, ESC secara otomatis mengaktifkan pengeremanan pada salah satu atau bahkan keempat roda Almaz untuk mengurangi tenaga mesin.

Tak kalah penting, Wuling Almaz turut menyematkan fitur Hill Hold Control (HHC). Ini jelas bermanfaat bagi pemilik ketika menemui kemacetan di jalanan menanjak. Dengan memanfaatkannya, maka mobil tidak akan mundur ketika pengemudi mengalihkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Wuling Almaz pun menjamin keempat rodanya tidak akan mengunci ketika melakukan pengereman mendadak. Itu lantaran pihak pabrikan telah memasok sistem rem ABS (anti-lock braking system). Dan, sudah terintegrasi dengan EBD (electronic brake distribution) dan BA (brake assist).

Sejatinya, ada beberapa fitur lain guna menyokong keselamatan Almaz dan pengemudi. Sebut saja penerapan Tire Pressure Monitoring System, power window, stop lamp LED di spoiler atas bagian belakang untuk memudahkan visibilitas pengendara lain di belakang, sajian meter clusterdari layar 7 inci untuk melihat informasi utama pada Wuling Almaz serta sensor parkir depan dan belakang.

Melalui fitur-fitur penunjang kenyamanan dan keselamatan ini, Wuling Almaz layak disandingkan dan bahkan diwaspadai para kompetitor sekelasnya. Apalagi, harga yang ditawarkan Wuling Motors kompetitif yakni Rp 318.800.000 (on-the-road Jakarta).


Komentar