Builder Indonesia Berguru ke Produsen Aftermarket Harley-Davidson Share this
Modifikasi
Mode baca

Builder Indonesia Berguru ke Produsen Aftermarket Harley-Davidson

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 25 Januari 2019

MILAN - Builder asal Indonesia yang tergabung dalam tim Suryanation Motorland berkesempatan menyambangi markas Rebuffini, produsen aftermarket khusus Harley-Davidson di Bergamo, Italia.

Setelah mengikuti dan membuat serangkaian acara di Motor Bike Expo 2019, tim Suryanation Motorland melanjutkan perjalanan menarik lainnya. Kali ini, para builder tersebut diajak mengunjungi sekaligus belajar di fasilitas produksi Rebuffini.

"Kami berkesempatan untuk berdiskusi dan melihat proses pembuatan salah satu produk aftermarket terbesar di dunia. Para peserta bisa mendapatkan inspirasi dan juga berdiskusi langsung mengenai pembuatan produk aftermarket yang dibutuhkan pecinta motor custom. Ini akan menjadi sebuah pengalaman berharga bagi para pemenang untuk dibawa pulang ke Indonesia," ujar Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee.

Kedatangan Suryanation Motorland pun disambut hangat oleh Rebuffini Livio, CEO sekaligus desainer dari brand tersebut. Pada kesempatan itu, Rebuffini juga menjelaskan bahwa kunci utama dari pembuatan sebuah part aftermarket adalah kualitas dari produk tersebut.

"Proses lain yang juga penting pada pembuatan sebuah part aftermarket motor adalah melihat tren yang sedang berkembang dan juga mendengarkan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan," tambahnya.

Peserta dari tim Suryanation Motorland, Safrudin Brew bahkan cukup takjub dengan proses produksi di Rebuffini, terutama dukungan mesin CNC yang canggih. Bahkan, satu peserta lain yakni Saibu Panjaitan mendapatkan disc brake di Rebuffini untuk melanjutkan garapan motor konsumennya di Tanah Air nanti.

Setelah itu, tim Suryanation Motorland tim juga mengunjungi museum salah satu pabrikan motor MV Agusta yang berlokasi tak jauh dari Milan. Sebagai informasi, MV Agusta atau Meccanica Verghera Agusta mulai diproduksi pada tahun 1945 dan didirikan oleh Giovani Agusta. Sebelum mulai membuat motor ternyata pabrikan ini terlebih dulu memproduksi mesin-mesin untuk dunia penerbangan.

"Motor MV Agusta ini merupakan salah satu motor favorit saya, desain-desain motor yang mereka miliki memiliki ciri khas sendiri dan berbeda dengan motor-motor buatan pabrikan Italia lainnya. Di masa lalu, motor MV Agusta ini juga sangat identik dengan dunia balap," komentar dari Yudha Menyut, salah satu pemenang Suryanation Motorland 2018.

Selepas itu, mereka pun tak lupa menyempatkan diri untuk datang ke bangunan ikonik di sana. Di kota Milan tim mengunjungi kawasan Duomo Milan sementara di kota Pisa, tim menyempatkan melihat salah satu dari keajaiban dunia yaitu Menara Pisa.

"Perjalanan kali ini selain memberikan pengalaman dan inspirasi juga kami tujukan untuk memberikan apresiasi bagi seluruh pemenang Suryanation Motorland 2018 agar mereka bisa mendapatkan berbagai ide baru untuk berkarya di masa yang akan datang," tutup Rizky. [Ary/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Builder Indonesia Berguru ke Produsen Aftermarket Harley-Davidson


Komentar