Astra Financial Bersihkan Pantai Marunda Share this
Workshop
Mode baca

Astra Financial Bersihkan Pantai Marunda

Ahmad  Richad
pada 20 Desember 2019

JAKARTA - Astra Financial melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di kawasan Pantai Marunda, Jakarta Utara, pada Rabu lalu (18/12). Kegiatan ini merupakan komitmen Astra dalam mengurangi penggunaan plastik.

Kegiatan yang bertajuk ‘Astra Financial Coastal Cleanup #MarundaGUE’ merupakan langkah Astra dalam mendukung kampanye bebas sampah plastik. Karena berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2018, tercatat jumlah timbulan sampah secara nasional sebesar 175.000 ton per hari atau setara 64 juta ton per tahun. 

Khusus sampah berbahan dasar plastik, mikroba alamiah membutuhkan waktu antara 20 sampai 500 tahun untuk dapat mengurainya. Tidak hanya itu, 86% Permukaan karang akan rusak jika terkena sampah plastik. Sehingga dapat mempengaruhi kehidupan satwa laut, dan ujungnya akan berdampak juga pada kehidupan manusia.

Adi Sepiarso selaku Chief Astra Financial mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan kepedulian Astra Financial terhadap lingkungan, dengan berkolaborasi bersama 350 relawan dari komunitas, serta masyarakat umum.

“Kami melakukan bersih-bersih di kawasan pantai dan laut Marunda dari berbagai jenis sampah mulai dari plastik, kaca hingga besi. Kami memilih pantai Marunda karena wilayah ini memiliki potensi sosial dan ekonomi yang besar dan juga berperan penting terhadap lingkungan di Jakarta,” tambah Adi.

Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dalam jurnal laporan ilmiah berjudul ‘Major Sources and Monthly Variations in the Release of Land-derived Marine Debris from the Greater Jakarta Area, menyatakan bahwa 8,3 ton sampah hanyut ke Teluk Jakarta setiap hari

Selain itu, Astra International juga akan melakukan social mapping di kawasan Marunda terutama di Kampung Marunda Pulo, untuk melihat potensi kemungkinan penerapan program Kampung Berseri Astra di kawasan pesisir Marunda.

Aksi bersih-bersih ini, dihadiri juga oleh Sigit Wijatmiko selaku Walikota Jakarta Utara, Budi Mulyono alias Budi Cilok, serta 11 direksi dari layanan jasa keuangan Astra Financial. [Ric/Idr] 


Komentar