Absen di Tes Jerez dan Mugello, Honda Pilih Kembangkan Motor Share this
MotoGP
Mode baca

Absen di Tes Jerez dan Mugello, Honda Pilih Kembangkan Motor

Ary Dwinoviansyah
pada 21 April 2019

AUSTIN — Sementara tim-tim pabrikan lainnya akan mengikuti tes di Jerez (Spanyol) dan Mugello (Italia), Honda justru memilih absen. 

Lanjutan seri ke-4 MotoGP 2019 baru akan dihelat bulan depan. Waktu luang ini pun dimanfaatkan para tim dengan menjalani tes tertutup di kedua sirkuit tersebut. Dengan tujuan yang jelas yakni meningkatkan kemampuan motor mereka. Tes pertama di Jerez menjadi lokasi pengujian perdana bagi Aprilia menjajal spoiler hasil contekan milik Ducati. 

Bradley Smith dikabarkan menjadi orang pertama yang akan menguji perangkat baru di Aprilia RS-GP tersebut. Serupa dengan Aprilia, Tes itu pun akan diikuti pembalap penguji pabrikan lain seperti Yamaha, KTM, Suzuki dan Ducati. 

Seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.com, Yamaha akan menurunkan Jonas Folger. Ducati bersama Michele Pirro, Suzuki diwakili Sylvain Guintoli dan Mika Kallio akan berduet dengan Dani Pedrosa dalam upaya mengembangkan kuda besi KTM. 

Bagi Pedrosa, ini adalah tugas keduanya menjadi test rider KTM. Saat persiapan musim balap 2019, Pedrosa sempat menjajal KTM RC16. Tapi, Ia mengalami insiden dan memaksanya terbaring di ruang operasi. Setelah menjalani pemulihan, Pedrosa siap bertugas lagi untuk pabrikan Austria. 

Meski demikian, tes di kedua sirkuit ini kemungkinan tidak akan diikuti oleh tim Honda. Pihak Honda Racing Corporation (HRC) sepertinya lebih memilih mengembangkan tunggangan Marc Marquez dan Jorge Lorenzo tersebut di markas mereka di Jepang.

Menurut sumber serupa, Honda RC213V terutama milik Lorenzo diketahui mengalami masalah elektronik. Hal ini pun sudah dikonfirmasi oleh Oscar haro, Direktur Olahraga LCR Honda selaku tim satelit Honda di MotoGP. Untuk itu, Honda akan menganalisa dulu permasalahan itu ketimbang memacunya di lintasan.  [Ary/Idr]   


Komentar