Jatuh Dua Kali, Crutchlow Salahkan Marquez Share this
MotoGP
Mode baca

Jatuh Dua Kali, Crutchlow Salahkan Marquez

Denny Basudewa
pada 29 Maret 2017

Foto: Cal Crutchlow

DOHA – Cal Crutchlow menyalahkan pilihan ban yang sama dengan Marc Marquez sehingga dirinya terjatuh hingga dua kali.

Seperti diketahui beberapa pembalap mengganti komposisi ban sesaat, sebelum balapan dimulai. Hal ini dikarenakan hujan turun membasahi lintasan beberapa menit jelang balap. Race Direction sendiri memutuskan untuk mengurangi jumlah lap dan menunda jalannya lomba akibat cuaca tidak menentu tersebut.

Salah satu pembalap yang mengganti komposisi ban jelang balapan dimulai adalah Crutchlow. Pembalap asal Inggris ini mengganti ban depan dengan kompon medium mengikuti jejak Marquez. Namun hal ini ternyata membuat dirinya berperforma kurang maksimal.

“Saya mengganti ban depan persis dengan yang dilakukan Marquez, hal ini seharusnya tidak kami lakukan. Ban kompon medium terlalu lembut bagi kami, tapi kami memaksa untuk melakukan pergantian. Ini merupakan kesalahan besar bagi kami, tapi apa boleh buat sudah terjadi,” jelas Crutchlow.

Dirinya mengawali balapan dari posisi yang cukup bagus. Senggolan dengan Valentino Rossi jelang tikungan pertama menurutnya tidak memberi pengaruh apa-apa pada motornya. Namun dengan kondisi ban yang salah, Ia susah mengendalikan tunggangannya.

Insiden pertama yang dialami Crutchlow pada tikungan terakhir lap pertama membuat motor Honda RC213V milik Crutchlow bermasalah. Mencoba untuk melanjutkan balapan, Crutchlow tertatih-tatih karena motornya mengalami kerusakan.

Sikap pantang menyerah dari pembalap tim LCR Honda tersebut, harus terhenti karena kembali terjatuh. Insiden kedua Crutchlow memaksa dirinya untuk menyudahi balapan lebih awal.

“Pada saat saya terjatuh pertama kalinya, saya bertekad untuk menyelesaikan balapan. Tapi ketika saya terjatuh kedua kalinya, motor rusak cukup parah. Saya minta maaf kepada tim khususnya, kami mempunyai start yang bagus seperti musim lalu,” lanjut Crutchlow. [Dew/Ikh]


Komentar