Pembalap MotoGP Tanggapi Fungsi Spoiler Ducati Share this
MotoGP
Mode baca

Pembalap MotoGP Tanggapi Fungsi Spoiler Ducati

Ary Dwinoviansyah
pada 29 Maret 2019

SANTIAGO DEL ESTERO —Tim-tim pabrikan di MotoGP, melalui para pembalapnya tertarik untuk ikut menggunakan spoiler yang dipasang di Ducati Desmosedici GP19. 

Sesuai dengan hasil pengadilan FIM beberapa hari lalu, Ducati dianggap tidak melakukan pelanggaran terkait penggunaan spoiler pada motornya. Mereka juga diizinkan untuk menggunakannya lagi, walau masih ada sesi naik banding bagi para pelapor dalam hal ini Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM.

Meski demikian, perangkat tersebut rupanya cukup diminati oleh para pembalap tim pabrikan. Salah satunya adalah pembalap dari tim Monster Yamaha, Valentino Rossi. 

"Tahun lalu Ducati selalu kuat dan kompetitif. Saya rasa ini adalah langkah cerdas mereka untuk lebih mengerti dan spoiler merupakan salah satu bagian dari itu. Jadi, kenapa tidak," kata Rossi. 

Seperti diketahui pula bahwa Yamaha menjadi satu-satunya pabrikan yang tidak menuntut Ducati. Itu lantaran mereka juga sempat punya perangkat yang sama. Hanya saja, kali itu alat yang dinamai spray deflector itu berfungsi untuk memecah air di lintasan basah. 

"Apa yang kami punya adalah untuk hujan sebagai pemecah air sebelum mengenai ban dan menghindari aquaplaning. Tapi, saya pikir alat ini tidak ada fungsinya di trek kering. Tahun lalu, Yamaha juga melakukan sesuatu tapi tidak seperti Ducati karena hanya untuk menjaga ban. Namun, jujur saya tidak merasakan banyak perbedaan," kata Maverick Vinales.

Jika Yamaha sudah punya, maka Aprilia melalui sang pembalap yaitu Aleix Espargaro mengaku sudah sempat merancang perangkat serupa. Tapi, proyek itu dihentikan karena tidak boleh digunakan saat trek kering dan memengaruhi downforce.

"FIM mengatakan diperbolehkan. Jadi jelas ini merupakan keuntungan secara aerodinamika karena alat ini memberi bobot pada ban belakang saat mengerem. Saya harap para insinyur Aprilia mulai mencoba sesuatu yang sama (dengan Ducati)," kata Espargaro.   

Lantas seperti apa penilaian pembalap lain? Marc Marquez dari kubu Honda dan Alex Rins mewakili Suzuki sama-sama mengaku belum melihat fungsi sebenarnya dari spoiler Ducati tersebut. 

"Tentu saja Honda coba menganalisa dan memahami apa fungsinya. Terutama ketika bisa membuatmu meningkat. Saya yakin semua pabrikan akan mencobanya. Tapi, menurut saya spoiler ini tidak memberikan lebih cepat dari sepersepuluh detik," tutur Marquez. 

Sama halnya dengan Rins yang menyatakan spoiler itu tidak punya fungsi signifikan. Menurut pembalap Spanyol ini perbedaan saat dia bertarung dengan Andrea Dovizioso di MotoGP Qatar adalah di trek lurus. Rins menyebut mungkin spoiler itu dipasang untuk alasan lainnya. [Ary/Idr]


Komentar