Yamaha MT Series Menapaki Perjalanan 2 Dekade Share this
Berita Motor
Mode baca

Yamaha MT Series Menapaki Perjalanan 2 Dekade

Denny Basudewa
pada 18 Maret 2019

Foto: Yamaha MT Series

JAKARTA – Yamaha MT Series memasuki usia 20 tahun atau 2 dekade yang ditandai dengan hadirnya anggota keluarga barunya yakni Yamaha MT-15 di Indonesia.

Perkenalan Yamaha MT-15 di Indonesia sendiri semakin meriah dengan hadirnya pembalap MotoGP yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales. MT Series yang memiliki makna Master of Torque ini memiliki ciri khusus pada jantung mekanisnya.

Motor bergaya sport naked tersebut mengusung mesin yang bertenaga besar dan torsi maksimal sesuai dengan namanya. Pada 20 tahun lalu, Yamaha MT-01 Concept Model hadir untuk pertama kalinya dan menjadi kendaraan ikonik dari pabrikan motor berlambang Garpu Tala tersebut.

MT-01 Concept Model

MT-01 Concept Model yang diluncurkan pada 1999 mengusung konsep Kodo atau Soul Beat. pengembangan MT-01 concept model, dikatakan sangat memperhatikan segala kebutuhkan, dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang tak terlupakan.

MT-01

Yamaha untuk pertama kalinya meluncurkan MT Series sebagai kendaraan massal di Intermot, Munchen, Jerman pada 2004. Kuda besi ini mengusung mesin V-Twin 1670 cc yang berpadu dengan sasis alumunium. Dengan MT-01, Yamaha semakin identik sebagai produsen yang produsen yang sangat mengerti kebutuhan konsumen.

MT-09

Yamaha MT-09 hadir untuk pertama kalinya 2014 dan menawarkan ide baru dalam pembuatannya. Motor yang mengusung mesin 3 silinder 846 cc segaris ini menawarkan torsi yang besar dan tenaga optimal. Gaya berkendara dengan MT-09 juga diklaim sangat cocok untuk masyarakat urban.

MT-07

Di tahun yang sama Yamaha MT-07 hadir dan menawarkan konsep yang berbeda dengan para pendahulunya. Dengan membopong mesin 689 cc 2-silinder segaris, motor ini sangat lincah dan cocok untuk penggunaan di dalam kota.

MT-09 Tracer

Yamaha mengembangkan MT-09 Tracer pada 2015 sebagai unit kendaraan yang bisa digunakan dalam dua kondisi jalan yakni onroad dan offroad. Dengan sedikit sentuhan, motor ini menjadi MT Series paling sporty dan gesit.

MT-03 & MT-25

Yamaha terus mengembangbiakkan model MT Series dengan memperkenalkan MT-03 dan MT-25. Dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, kedua motor tersebut tentunya lebih lincah dan efisien bagi konsumen.

MT-10

Puas bisa jadi tidak ada dalam kamus Yamaha sebagai produsen motor-motor berotot. Yamaha MT-10 hadir pada EICMA 2015 sebagai The King of MT. Kendaraan ini menggunakan mesin 998 cc yang disematkan pada rangka alumunium model Delta Box.

MT-15

Yamaha melahirkan model paling kecil dari keluarga MT Series. Meskipun memiliki mesin paling kecil, namun tidak mengurangi tampilang a la MT Series dan torsi yang berlimpah. Mesinnya juga telah mengadopsi teknologi terbaru Yamaha yakni VVA (Variable Valve Actuation). [Dew/Idr]


Komentar