Xiaomi Kenalkan Skuter Listrik Seharga Rp 7 Jutaan Share this
Motor Baru
Mode baca

Xiaomi Kenalkan Skuter Listrik Seharga Rp 7 Jutaan

Ahmad  Richad
pada 06 Mei 2020

BEIJING - Perusahaan teknologi asal China, Xiaomi resmi memperkenalkan dua skuter listrik barunya yang bernama A1 dan A1 Pro. 

Skuter listrik ini, bukan sepenuhnya garapan dari Xiaomi, melainkan hasil kerjasama Xiaomi dengan perusahaan sub-brand mereka bernama 70mai yang berasal dari Tiongkok.

Jika dilihat secara sekilas tampilan skuter listrik ini, lebih minimalis daripada skuter listrik yang sudah lebih dulu ada di pasaran. Bahkan kendaraan ini hanya bisa dinaiki oleh satu orang saja.

Selain bentuknya yang ramping, bobot dari A1 dan A1 Pro ini juga tidak lebih dari 52 kilogram, namun mampu melaju hingga 25 kilometer per jam sesuai dengan regulasi skutik di Negeri Tirai Bambu.

Kedua skutik ini dilengkapi roda 16 inci dengan motor hub. Di sektor pengereman roda depan dilengkapi rem cakram hidrolik tunggal, dan belakang rem tromol. Suspensi depan menggunakan teleskopik, belakang mengandalkan shock absorber ganda.


 
Pada bagian sisi panel informasi, versi A1 Pro sudah dilengkapi dengan layar sentuh yang dapat mengikuti perintah suara dengan GPS dan perekam data log perjalanan. Selain itu, panel informasi tersebut juga bisa menampilkan kapasitas baterai dan kecepatan.

Xiaomi juga menyematkan kamera pada skutik ini, yang dapat mengabadikan gambar saat sedang berkendara. Kamera ini terletak pada bagian depan dengan resolusi Full HD 1080p.

Untuk urusan dapur pacu, skutik listrik A1 dan A1 Pro sama-sama ditenagai motor listrik DC 400W brushless. A1 dilengkapi dengan baterai lithium 48V 16Ah yang mampu menempuh jarak hingga 60 km, sedangkan versi A1 Pro memiliki baterai lebih besar baterai lithium 48V 20Ah yang mampu menempuh jarak hingga kisaran 75 km.

Namun untuk pengisian baterai masih menggunakan pengecasan normal 7,5 jam, belum didukung oleh fast charging. Selain itu, skuter listrik ini juga dilengkapi dengan pedal apabila baterai habis, dan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik untuk me-recharge baterai.

Skutik listrik dari Xiaomi di pasar China, dibanderol dengan harga CNY 2.999 atau Rp 7 jutaan untuk versi A1. Sedangkan A1 Pro dibanderol lebih mahal, CNY 3.999, setara Rp 9,3 jutaan. [Ric/Idr]


Komentar