Trump Dorong India Pangkas Pajak Impor Harley-Davidson Share this
Berita Motor
Mode baca

Trump Dorong India Pangkas Pajak Impor Harley-Davidson

Denny Basudewa
pada 26 Februari 2020

Foto: Harley-Davidson

NEW DELHI – Donald Trump melakukan kunjungan ke India dengan salah satu tujuannya untuk memangkas pajak impor Harley-Davidson.

Seperti diketahui bahwa Trump menekankan kepada seluruh manufaktur kendaraan asal Amerika Serikat, guna meningkatkan produksi di dalam negeri. Ia melarang para manufaktur untuk memindahkan produksi ke luar negeri.

Harley-Davidson merupakan salah produsen yang berniat untuk melebarkan sayap di pasar Asia. HD melakukan kerja sama dengan produsen asal China guna mewujudkan hal tersebut. Agar tidak kecolongan lagi, Trump melakukan pendekatan dengan India dengan maksud menurunkan tarif pajak impor.

Upaya gigih yang dilakukan oleh Trump untuk bisa menyelamatkan kepentingan merek dalam negeri. Berdasarkan beberapa sumber, kedua negara (AS dan India) telah sepakat untuk memangkas tarif masuk dari 100 persen menjadi 50 persen. Namun hal tersebut dirasa belum cukup menyelamatkan HD untuk bisa masuk lebih jauh ke pasar India.

Atas dasar pertimbangan untuk sama-sama menyelamatkan para pekerjanya, kedua negara tidak menemukan kesepakatan. Adapun masalah ini terus berlarut-larut hingga saat ini. India dilaporkan menurunkan tarif pajak untuk sepedamotor berkapasitas 1.600 cc ke atas. Kebijakan ini dirasakan lebih menguntungkan bagi kompetitor HD yakni Indian.

Harley-Davidson mendirikan pabrik di India, namun tetap tidak menadapat keringanan tarif. Dari segi ekonomi mungkin tidak namun dari politik, apa yang dilakukan Trump dalam membela HD, merupakan hal yang baik terutama bagi para penggemar motor besar di India. [Dew/Idr]


Komentar