Harley-Davidson Fokus Kembangkan Moge Listrik Share this

Harley-Davidson Fokus Kembangkan Moge Listrik

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 14 Mei 2017

Foto: Harley-Davidson Livewire

WISCONSIN - Harley-Davidson menunjukkan keseriusannya untuk memproduksi moge bertenaga listrik.

Produsen moge yang berasal dari Kota Milwaukee ini sedang menyiapkan jajaran motor gede bertenaga listrik. Moge listrik ini diyakini merupakan proyek ambisius untuk masa depan.

“Kami telah menunjukkan prototype Livewire 3 tahun lalu dan proyek tersebut masih ada serta berfungsi. Kami belum memastikan waktu pelucuran motor ini, namun proses yang sedang berlangsung berjalan dengan baik,” tutur Bill Davidson, Harley-Davidson Museum President.

Moge konsep Livewire jika dilihat tidak menggunakan mesin V-twin. Harley-Davidson belum menuturkan sumber tenaga moge konsep ini. Namun jika dilihat dari berita yang telah dilansir oleh Mobil123.com, Livewire akan mengusung motor listrik 3 fase dengan tenaga 73 hp dan torsi 70 Nm.

Jantung pacu moge ini juga diprediksi akan digunakan di beberapa model lainnya. Selain itu, teknologi otonom juga menjadi pertimbangan produsen moge asal AS ini.

Harley-Davidson

Sistem otonom juga diyakini akan memunculkan efek positif pada moge listrik milik mereka. Dengan adanya teknologi otonom, Bill Davidson memprediksi moge listrik ini akan digemari oleh masyarakat modern sehingga akan memberikan kesenangan baru.

Selain pertimbangan teknologi otonom, faktor suara kendaraan juga menjadi permasalahan serius,. Sepeda motor listrik sejatinya minim akan suara mesin maupun knalpot, namun untuk moge listrik Harley-Davidson ini dipastikan akan tetap menghasilkan suara khas.

“Kami sebenarnya telah menciptakan suara unik untuk moge ini dengan menggunakan beberapa teknologi canggih. Kami tidak ingin suara normal sepeda motor listrik. Kami ingin melakukan sesuatu yang unik sehingga dapat menimbulkan suara khas. Ini sangat keren. Saya membayangkan suara seperti pesawat jet dapat digunakan di moge ini,” tambah Bill.

Harley-Davidson akan terus berinvestasi dan membangun moge bertenaga bensin terbaik hingga proyek ini siap untuk diluncurkan. Rencananya, moge listrik versi produksi ada diantara 100 model baru yang akan diluncurkan dalam 10 tahun ke depan. [Amo/Ikh]


Komentar