Toyota Corolla Cross Bersiap Masuk Indonesia Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota Corolla Cross Bersiap Masuk Indonesia

Denny Basudewa
pada 10 Juli 2020

Foto: Toyota Corolla Cross

BANGKOK – Toyota Corolla Cross diluncurkan dan dijual untuk meramaikan pasar SUV yang terus bergairah di berbagai negara. Jika sebelumnya para penggemar Toyota mengenal Corolla dalam bentuk sedan, hatchback dan estate, kali ini wujudnya Sport Utility Vehiccle (SUV).

Sebagai sedan, kendaraan ini telah terjual sebanyak 48 juta unit secara global. Toyota menangkap kebutuhan pasar akan SUV nan tangguh dengan memperkaya pilihan jenis kendaraan tersebut.

Uniknya, Toyota mengembangkan segmen SUV dengan dengan nama yang telah melegenda. Sebut saja Yaris Cross yang telah lebih dahulu dipamerkan. Kali ini Corolla yang telah dikenal sebagai sedan premium sejak 1966, kini hadir dalam bentuk SUV meski versi sedan dan hatchback tetap dijual.

Toyota Corolla Cross menggunakan platform TNGA (GA-C) yang menawarkan performa berkualitas tinggi. Keunggulan dari platform baru brand asal Jepang ini meliputi kenyamanan berkendara dan keheningan kabin yang luar biasa.
Toyota Corolla Cross

“Corolla Cross menjadi anggota keluarga baru Corolla, harapan kami konsumen dapat menyambutnya dengan hangat untuk menjadi bagian dari keluarga mereka. Kendaraan ini bisa menjadi teman, saudara hingga teman berkendara sehari-hari,” ucap Daizo Kameyama, Chief Engineer Toyota.

Stabilitas mobil ditopang dari suspensi model torsion-beam sehingga melahirkan kenyamanan tiada tanding. Optimalisasi peredam kejut dan penggunaan soft bushing memastikan setiap perjalanan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Sebagai SUV, rancang bangun kendaraan ini tidak terlalu nyeleneh. Lekuk bodinya terbilang kalem namun fascianya mengisyaratkan kesan kokoh. Tampak kontras antara tampilan depan dengan belakang karena buritannya seperti menggambarkan ruang yang lega di dalamnya.
Toyota Corolla Cross

Masuk ke dalam kabin, Corolla Cross menyuguhkan kesan mewah dengan berbagai fitur terkini. Permainan dwi warna ditambah dengan lampu kabin dan panel meter memberikan kesan elegan pada kendaraan ini.

Toyota Corolla Cross ditawarkan dalam dua pilihan yakni murni bensin dan hybrid. Pada tipe hybrid, mengandalkan mesin bakar berkapasitas 1.789 cc, dengan semburan daya maksimal 96 hp pada 5.200 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.600 rpm.

Sementara motor listriknya mampu memuntahkan daya tambahan sebesar 72 hp dan torsi 163 Nm. Secara total daya yang dihasilkan sebesar 120 hp kemudian disalurkan pada dua roda di depan alias Front Wheel Drive.

Sistem transmisinya menggunakan Electric Continious Variable Transmission (E-CVT). Sedangkan pada versi murni bensin, Toyota Corolla Cross menyalurkan tenaga melalui transmisi Super CV-i.

Corolla Cross akan dipasarkan secara global termasuk Indonesia. Pasar Thailand akan bisa menikmati kendaraan ini lebih dulu karena diluncurkan secara global di sana. SUV ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 454 juta hingg Rp 550 juta di Thailand. [Dew/Idr]


Komentar