Toyota Resmi Kuasai Daihatsu Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Resmi Kuasai Daihatsu

Indra Prabowo
pada 31 Januari 2016

TOKYO – Toyota resmi menguasai 100 persen saham Daihatsu. Dengan begitu, Daihatsu kini resmi bergabung di bawah payung Toyota.

Sebenarnya Toyota sudah sekitar 18 tahun menguasai mayoritas saham di Daihatsu, tapi kini, Toyota memiliki 100 persen saham Daihatsu lewat cara pertukaran saham (shares exchange).

Salah satu tujuan dari pencaplokan seluruh saham Daihatsu adalah memuluskan rencana keduanya dalam mengembangkan mobil-mobil yang lebih baik sehingga diharapkan masing-masing bisa mencapai pertumbuhan berkelanjutan.

"Ini adalah kesempatan bagi kami berdua untuk berhenti merasa bahwa kita harus berjalan sendiri, dan percaya satu sama lain untuk mengambil keuntungan penuh dari kekuatan kami masing-masing. Dengan kata lain, kami sekarang dapat fokus pada kompetensi inti kami. Saya percaya, ini adalah kunci untuk mencapai dan mempertahankan daya saing global," ujar Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation.

Sementara President Daihatsu Motor Masanori Mitsui menyatakan bahwa Daihatsu telah menemukan suatu tindakan yang akan memungkinkan mereka untuk melanjutkan pertumbuhan kami untuk 100 tahun ke depan.

“Kami melihat ini sebagai kesempatan yang sempurna untuk mengyatkan hubungan kami dengan Toyota, dan, dengan demikian, untuk memulai periode baru pertumbuhan, dan untuk meningkatkan merek Daihatsu untuk standar global," imbuh Masanori.

Daihatsu merupakan produsen (perusahaan manufaktur) kendaraan massal tertua di Jepang yang didirikan pada Maret 1907 dengan nama Hatsudoki Seizo. Nama perusahaan berubah menjadi Daihatsu pada Desember 1951.

Daihatsu didirikan oleh dua orang pendidik Professor Yoshiaki Yasunaga (kepala Osaka Higher Technical School, saat ini bernama School of Engineering, Osaka University) dan Seishiro Tsurumi (director of mechanical science department of Osaka Higher Technical School), bersama sekelompok pebisnis Saneyasu Oka, Masashi Kuwabara dan Zenjiro Takeuchi.

Kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu dimulai pada 1967. Tiga puluh satu tahun kemudian (September 1998) Toyota menjadi perusahaan induk Daihatsu dengan memiliki mayoritas saham.

Sebagai catatan, sampai saat ini kerjasama diantara Daihatsu dan Toyota telah melahirkan banyak produk kembar mulai dari Terios dan Rush, Ayla dan Agya hingga Xenia dan Avanza. [Idr]


Komentar