TMC Dumont Concept, Hasil Ide Gila Eks Pembalap F1 Share this
Modifikasi
Mode baca

TMC Dumont Concept, Hasil Ide Gila Eks Pembalap F1

Denny Basudewa
pada 20 Juli 2018

BRASILIA – Tarso Marques memperkenalkan sepedamotor hasil ciptaannya yang menggunakan mesin pesawat.

Idenya dalam menanamkan mesin pesawat terbang ke sepedamotor bukanlah yang baru. Beberapa orang telah mengaplikasikannya dan berhasil membuat orang yang melihatnya berdecak kagum. Namun kali ini kendaraan hasil kreasi Marques tampil beda karena menggunakan aliran sci-fi.

Mantan pembalap F1 tersebut mengandalkan mesin Rolls-Royce V6 yang kerap digunakan untuk pesawat Cessna. Jantung pacu tersebut merupakan buatan 1960-an dan dipercaya mampu menghasilkan tenaga hingga 300 hp.

Motor tersebut menjadi unik karena menggunakan ban model hubless. Kendaraan bernama TMC Dumont Concept ini dibuat dengan ground clearance sangat rendah. Bahkan jika dilihat dengan seksama, kuda besi garapan Marques nyaris menyentuh tanah.

Posisi berkendara pada motor ini juga cukup unik karena jok berada tepat di depan ban belakang. Memang jika dilihat modelnya, Marques tidak mengincar gelar sebagai motor tercepat di muka bumi. Motor unik ini hanya tampil untuk kontes modifikasi yang cukup ekstrim.

Hal ini terbukti karena TMC Dumont Concept berhasil menyabet predikat ‘Best in Show’, pada gelaran Daytona Bike Week awal tahun ini. Dalam video yang diunggah di akun Youtube pribadi Marques, terdengar suara menggelegar dari sepedamotor ciptaannya.

Sontak kendaraan yang ditunggangi pria asal Brazil tersebut mengundang perhatian orang-orang di sekitarnya. Bayangkan jika kendaraan seperti ini dipacu di Ibukota Jakarta, pastinya panas mesin akan sangat menyiksa sang pengendara. [Dew/Ari]


Komentar