NAWA akan Pamer Sepedamotor Listrik Berbaterai Hybrid Share this
Motor Konsep
Mode baca

NAWA akan Pamer Sepedamotor Listrik Berbaterai Hybrid

Denny Basudewa
pada 20 Desember 2019

Foto: NAWA Racer

LAS VEGAS – NAWA Technologies membuka selubung konsep motor listrik yang akan ditampilkan pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019.

Sepedamotor listrik benar-benar tengah menjadi perbincangan banyak orang. Bahkan kendaraan jenis ini banyak mencuri perhatian dengan desain-desainnya yang ciamik. NAWA Racer merupakan sepedamotor listrik konsep nan inovatif.

NAWA Technologies menggunakan baterai hibrida yang mencampurkan sel ion lithium konvensional dengan ultracapasitors. Perangkat yang terakhir disebut memiliki basis karbon, sehingga memungkinkan pengisian baterai lebih cepat. Bahkan dikatakan regenerasi baterai mampu mencapai 80 persen lebih cepat. Hal ini membuat daya jelajah kendaraan ini lebih jauh dari kompetitor.

"Peningkatan efisiensi yang dilakukan oleh sistem baterai ultracapacitor hybrid. Ini dapat mengurangi ukuran baterai lithium-ion hingga setengah, atau memperpanjang kisaran hingga dua kali lipat,” ungkap pihak NAWA Technologies.

Tangki bahan bakar yang pada motor konvensional berisi bensin kini ditempatkan baterai ultracapasitors NAWACap. Sementara baterai lithium-ion 9 kWh bertempat di posisi mesin pada motor konvensional.

Dikatakan bobot kendaraan ini secara keseluruhan mencapai 150 kilogram. Bobot ini disebutkan lebih banyak 100 kilogram daripada Harley-Davidson Livewire. Hal ini berarti NAWA merupakan motor konsep yang berat.

NAWA berdiri pada April 2103 dan merupakan perusahaan yang fokus mengembangkan penyimpanan energi. Berbasis di Aix, Prancis, R&D NAWA memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun mengembangkan nonmaterials. [Dew/Idr]


Komentar