Tiga SUV Mercedes-Benz Lakoni Debut Global Share this
Mobil Baru
Mode baca

Tiga SUV Mercedes-Benz Lakoni Debut Global

Ary Dwinoviansyah
pada 22 April 2019

NEW YORK — Ada tiga produk yakni all-new GLS, all-new EQC Edition 1886 dan new GLC Coupe yang diluncurkan Mercedes-Benz pertama kalinya pada gelaran New York International Auto Show 2019.

All-new Mercedes-Benz GLS, layaknya sebuah SUV mewah, didesain dengan indah disertai keunggulan pada luas kabin untuk menyamankan pengemudi maupun penumpang. 

Produk ini juga sudah mengaplikasi teknologi terkini seperti pengaturan suspensi aktif E-Active Body Control sebagai penunjang kenyamanan berkendara. Untuk penggunaan di jalan raya, Mercedes-Benz GLS diklaim punya performa mumpuni dengan paduan transmisi terbaru 4MATIC. Namun, pihak pabrikan tetap melengkapinya dengan sistem bantuan guna menjaga pengemudi tetap kooperatif di jalanan. 

Fungsi Mercedes-Benz GLS tentu bukan hanya peruntukkan jalan raya, melainkan pula untuk kebutuhan pengendaraan di medan off-road. Di sinilah fitur E-Active Body Control tadi bisa dimanfaatkan, terutama ketika menemui medan off-road yang memaksa GLS untuk mendaki. 

Untuk model ini, varian terbaru yang ditawarkan adalah GLS 580 4MATIC. Mobil ini menyajikan kombinasi mesin V8 dan sistem kelistrikan 48 volt terintegrasi dengan ISG (integrated started generator). Melalui kolaborasi tersebut, GLS 480 4MATIC mampu menghasilkan tenaga sebesar 489 hp dan torsi 700 Nm. 

Selain itu, ada pula model GLS 450 4MATIC dengan bekal mesin V6 dengan sumber listrik serupa. Dari data yang dirilis, varian ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 376 hp dan torsi 500 Nm. Pemilik kedua tipe ini juga bisa memanfaatkan EQ Boost sebagai pendongkrak performa untuk mengeluarkan tenaga 22 hp dan torsi 250 Nm.

Mercedes-Benz GLS juga hadir dalam pilihan mesin diesel enam silinder yang terdiri dari GLS 350 d 4MATIC dan GLS 400 d 4MATIC. Turut mendampingi pula new Mercedes-Benz GLC Coupe yang kini lebih sporty dengan bentuk grille dan desain lampu serta bagian belakang baru.

Ubahan signifikan juga terdapat pada bagian interior di mana Mercedes-Benz menerapkan fitur pendukung pengemudi. Ketersediaan sistem kendali adaptif Active Distance Assist Distronic dan Active Steering Assist akan berperan menjaga pengendaranya tetap aman. Salah satu contoh fungsinya disebutkan GLC Coupe akan menyesuaikan kecepatan secara otomatis  ditikungan. Sehingga tak akan terjadi gejala oversteer atau understeer.  

Dukungan lainnya meliputi Mercedes Digital Assistant. Dengan begitu pemilik mobil dapat melakukan perintah suara. Kemudian ada touchpad pada setir dan fitur pengontrol dengan gerakan. Sajian pada instrumen cluster karena terdiri dari layar 12,3 inci. Sementara untuk sistem informasi bisa dilihat melalui LCD 10,25 inci. 

Saat diluncurkan di pameran ini, Mercedes-Benz GLC Coupe akan dipasarkan dengan satu opsi saja yakni bermesin 4 silinder 2.000 cc turbocharger. Tenaga yang dihasilkan 255 hp dan torsi 370 Nm. Meski begitu, kabarnya akan ada paketan AMG guna memperkuat performanya.

Satu produk terakhir yang tak kalah menarik perhatian ialah all-new EQC 1886 Edition. SUV ini mengandalkan sistem kelistrikan penuh sebagai salah satu perwujudan mobil masa depan Mercedes-Benz. Disebutkan pula bahwa mobil tersebut sudah menerapkan teknologi cerdas racikan pihak pabrikan. 

"EQC merupakan pionir dari portofolio masa depan Mercedes-Benz EQ. Mercedes-Benz EQC Edition 1886 tidak hanya hadir dengan desain progresif, pengendalian dinamis dan kendaraan yang dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi EQC Edition 1886 merupakan singkatan dari layanan cerdas untuk memenuhi kebutuhan pengemudi. Dan, tujuan yang jelas di sini adalah penggunaan jangka panjang tanpa beban untuk sebuah kendaraan," kata Britta Seeger," ujar Member of the Board of Management of Daimler AG. [Ary/Idr]


Komentar