Thailand Resmi Gelar MotoGP Tahun Depan Share this
MotoGP
Mode baca

Thailand Resmi Gelar MotoGP Tahun Depan

Denny Basudewa
pada 30 Maret 2017

Foto: Buriram Circuit (Photo: Kawasaki)

DOHA – Sirkuit Buriram, Thailand resmi menjadi tuan rumah MotoGP pada musim balap 2018.

Setelah tiga tahun berturut-turut menjadi tuan rumah Superbike, kini Sirkuit Buriram bersiap untuk menggelar MotoGP untuk pertama kalinya dalam sejarah. Berada sejauh 400 kilometer dari Kota Bangkok, kejuaraan balap motor terpopuler di muka bumi tersebut mendapat sponsor utama Singha Beer.

“Kami akan menggelar balapan Grand Prix selama 19 seri tahun depan,” ungkap Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna seperti dikutip Speedweek.com.

Diresmikannya Sirkuit Buriram sebagai penyelenggara balap MotoGP 2018, menjadi salah satu sirkuit baru sejak Termas de Rio Hondo pada 2014 dan Circuit of The Americas (COTA) pada 2013. Adapun hadirnya sirkuit-sirkuit baru ini memberi warna tersendiri bagi para pembalap maupun tim.

Musim balap 2018 sendiri tidak ada perubahan aturan baik dari segi mesin maupun bodi. Hanya saja tim KTM dan Aprilia yang mendapat jatah mesin lebih banyak (9 mesin) setiap musimnya. Selain itu aturan tetap sama seperti sebelumnya.

Sirkuit Buriram, Thailand pertama kali menggelar balapan Superbike (SBK) pada 2015. Pada saat itu, tiket terjual habis yang artinya kejuaraan tersebut didatangi lebih dari 80 ribu penonton. Negeri Gajah Putih tersebut merupakan salah satu pasar sepedamotor terbesar di dunia.

Berkaca pada Thailand, Indonesia dikabarkan telah mengajukan sirkuit di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan untuk menjadi penyelenggara MotoGP 2019. Lintasan balap di Tanah Air tersebut sedianya akan dirancang oleh Hermann Tilke yang juga mendesain Sirkuit Buriram. [Dew/Ikh]


Komentar