MotoGP 2018 di Finlandia, bukan Indonesia Share this
MotoGP
Mode baca

MotoGP 2018 di Finlandia, bukan Indonesia

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 18 Juli 2016

Foto: MotoGP 2018 akan digelar di Finlandia.

HELSINKI - Finlandia dinyatakan siap untuk menggelar MotoGP tahun 2018. Dorna Sports telah menandatangani kontrak kerjasama dengan yang membuat sirkuit baru di Finlandia, Sirkuit Kymi Motorsport Parks.

Seperti diberitakan sebelumnya, Finlandia, Thailand dan Indonesia berebut untuk menggelar MotoGP mulai 2017-2019, namun Indonesia telah dinyatakan tidak siap untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2017 karena sirkut Sentul, Bogor belum memenuhi standard FIM Homologation.

Rencana pun berubah dengan keluarnya surat kesepakatan pemegang hak komersial MotoGP Dorna Sports dan Kymi Ring, sekitar dua pekan setelah Dorna mengirimkan surat untuk Menpora (Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia), Imam Nahrawi.

MotoGP Finlandia 2018 Sirkuit Kymi Motorsport Parks di Finlandia

Seperti diketahui, Dorna Sports telah mengagendakan mulai 2017 mendatang balapan MotoGP akan digelar sebanyak 20 seri dari sebelumnya hanya 18 seri. Artinya masih ada satu slot lagi. Mungkin Thailand akan menjadi perhitungan.

Sirkuit Kymi Motorsport Parks berada 110 km dari Ibu Kota Finlandia, Helsinski. Desain Sirkuit Kymi dibuat oleh perusahaan Wurz Design’s Test & Training Company.

Sirkuit ini sebenarnya sudah disiapkan untuk dikenalkan tahun lalu, agar bisa menggelar MotoGP pada 2017. Namun kesepakatan berubah dan Finlandia akan kembali menggelar MotoGP pada 2018. MotoGP terakhir digelar Finlandia pada 1982 di Imatra. [Ikh/Idr]


Komentar