Rossi Contek Rahasia Lorenzo Selama di Yamaha Share this
MotoGP
Mode baca

Rossi Contek Rahasia Lorenzo Selama di Yamaha

Denny Basudewa
pada 27 April 2018

Foto: Rossi dan Lorenzo semasa masih di Yamaha

MALLORCA – Jorge Lorenzo mengungkapkan fakta bahwa dirinya dicontek habis-habisan oleh Valentino Rossi, ketika masih membela Yamaha MotoGP.

Dalam bukunya yang berjudul “Lo que aprendi hasta los 30” (Apa yang saya pelajari pada usia 30), pria asal Spanyol tersebut membeberkan semua rahasia ketika masih membela tim Yamaha. Dirinya menuliskan kejadian secar detail terutama pada musim 2013.

Lorenzo mengatakan bahwa kejadiannya bermula, pada saat Rossi kembali dari Ducati ke Yamaha pada 2013. Rossi dikatakan mencontek metode latihan, gaya berkendara hingga setingan mesin dari Lorenzo.

“Rossi kembali dan mereka ingin hasilnya menjadi lebih baik. Saya menemukan bahwa pelatih saya Antonio Casciano bertemu dengannya (Rossi) dan pelatihnya di Tavullia. Dia menjelaskan semua metode pelatihan saya. Itu sebabnya saya akhiri kerjasama dengan Antonio,” tulis Lorenzo dalam buku yang baru diluncurkannya.

Lorenzo memastikan bahwa Rossi telah benar-benar menyalin semua yang dilakukan Lorenzo. Setiap detail yang Ia kerjakan pada saat latihan, juga dilakukan oleh Rossi. Meskipun tidak bisa dibuktikan apakah hal tersebut yang membuat Rossi menjadi lebih bugar dan kompetititf.

“Valentino berlatih menggunakan sepedamotor yang sama dengan saya. Metode pelatihan mereka lakukan juga sama seperti saya lakukan di Gerno. Entah kebetulan atau tidak, dia menjadi lebih kompetitif,” ujar Lorenzo dalam bukunya.

Tidak hanya pada pada saat latihan, Lorenzo juga menemukan bahwa setingan motornya ditiru untuk The Doctor. Lorenzo mengatakan bahwa dirinya mencurigai Massimo Meregalli, membocorkan setiap detil setingan motornya kepada Vale.

“Saya memutuskan untuk tidak berbicara dengan Maio (Massimo Meregalli, Manajer tim Yamaha). Saya tidak suka jika ada dia ketika kami melakukan pertemuan teknis, karena saya curiga dia akan melaporkan semuanya kepada tim Rossi,” ungkap Lorenzo seperti dikutip Speedweek.com.

Lorenzo hingga saat ini masih berjuang untuk bisa mengendalikan Ducati GP18. Juara dunia lima kali ini berada di bawah tekanan agar segera membuktikan kemampuannya. Dikabarkan bahwa Ducati memiliki dua opsi untuk mengganti posisi Lorenzo yakni Jack Miller atau Danilo Petrucci. [Dew/Ari]


Komentar