Pertahankan Kualitas Ekspor, TMMIN Kembali Raih Penghargaan Primaniyarta Share this
Mobil Baru
Mode baca

Pertahankan Kualitas Ekspor, TMMIN Kembali Raih Penghargaan Primaniyarta

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 13 Oktober 2016

Foto: Toyota Indonesia meraih penghargaan ke-7 dari Primaniyarta Award 2016

JAKARTA – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meraih penghargaan bergengsi Primaniyarta Award 2016 dalam kategori ‘Eksportir Berkinerja’ dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Penghargaan Primaniyarta telah diperoleh TMMIN sejak 2008, 2010, 2011 dan secara berturut–turut telah diterima 4 kali sejak 2013-2016.

Pengakuan pencapaian prestasi atas kinerja ekspor TMMIN juga dikukuhkan oleh Bank Indonesia pada Desember tahun lalu melalui penghargaan “Perusahaan Pelapor Devisa Hasil Ekspor Terbaik 2015” dengan pencatatan nilai ekspor Toyota sebesar US$ 2 miliar dan akumulasi mencapai lebih dari US$ 15 miliar.

TMMIN sebagai satu-satunya produsen kendaraan yang berhasil meraih penghargaan Primaniyarta tahun ini yang berhasil menambah varian ekspor kendaraan dengan total 9 model yang terdiri dari Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush, Town/Lite Ace, Agya dan Sienta ke beberapa negara di Asia.

Produk-produk andalan ekspor ini diproduksi di pabrik Toyota dan grupnya di Indonesia dengan dukungan kapabilitas sumber daya manusia berkelas global. Selain menambah produk ekspor dalam bentuk kendaraan utuh, TMMIN juga memulai ekspor mesin bensin dan ethanol tipe R-NR yang baru saja mulai diproduksi pada Maret 2016.

Penghargaan ini merupakan prestasi ke-7 kalinya di ajang Primaniyarta dalam kategori yang sama. Prosesi pemberian penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan didampingi oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita. Seremoni penghargaan ini dilakukan dalam acara pembukaan Trade Expo 2016 yang berlokasi di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran pada hari ini.

“Kami sangat senang kembali mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan RI atas kinerja ekspor Toyota Indonesia yang stabil dan terus berkembang. Semoga, kinerja ekspor kami dapat berkontribusi dalam upaya meningkatkan ekspor non-komoditas yang mendukung penambahan devisa negara.

Tentunya, aktivitas ekspor yang berbuah penghargaan ini tidak dapat kami capai tanpa dukungan dari semua pihak terutama Pemerintah Indonesia yang menyediakan berbagai sarana, infrastruktur, dan regulasi,” tutur Edward Otto Kanter, Senior Direktur TMMIN.

TMMIN juga mengekspor kendaraan terurai (CKD/Completely Knock Down), komponen kendaraan serta alat bantu produksi berupa jigs (alat bantu dalam proses pengelasan), dan dies (alat bantu dalam proses pengepresan) yang sekaligus menunjukan tingkat kedalaman industri TMMIN. [Amo/Ikh]


Komentar