Toyota Karawang Plant 2 Lahirkan 400 Mobil per Hari Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Karawang Plant 2 Lahirkan 400 Mobil per Hari

Adi Hidayat
pada 20 Desember 2016

KARAWANG – Sebagai pemimpin di pasar otomotif Indonesia, Toyota terus meningkatkan jumlah produksi kendaraannya.

Salah satu pabriknya yaitu Toyota Karawang Plant 2 sanggup untuk memproduksi sekitar 400 unit kendaraan setiap hari. Mobil yang diproduksi di pabrik ini adalah mobil-mobil penumpang seperti Etios, Yaris, Sienta dan Vios.

“Di pabrik Toyota Karawang Plant II setiap 2,8 menit keluar 1 mobil baru. Total kami memproduksi 400 mobil per hari. Kendaraan paling banyak yang kami produksi adalah Toyota Sienta,” ungkap Nandi Julyanto, Director Production Engineering & Karawang Plant.

Bila ada model baru, maka Karawang Plant 2 akan mempersiapkan diri terlebih dahulu. Perlu sedikitnya 6 bulan agar seluruhnya siap mulai dari SDM (sumber daya manusia) hingga perlengkapan yang diperlukan. Dengan demikian saat mobil resmi diluncurkan, pabrik sudah siap memproduksi mobil dengan jumlah besar.

“Bila ada model baru yang diproduksi di Toyota Karawang Plant II, kami memerlukan waktu sedikitnya enam bulan untuk mempersiapkannya. Waktu tersebut adalah minimal dan belum termasuk studi yang dilakukan oleh bagian pengembangan kendaraan,” ungkapnya.

Toyota Karawang Plant 2 adalah pabrik Toyota pertama di Asia Pasifik yang mampu memproduksi kendaraan sliding door dan pintu biasa dalam satu line. Hal ini dibuktikan dengan diproduksinya Sienta di line produksi yang sama dengan Vios.

Pabrik ini tidak hanya memproduksi kendaraan untuk keperluan pasar domestik karena mereka juga memproduksi kendaraan untuk keperluan ekspor.

Mobil untuk kebutuhan pasar luar negeri adalah Toyota Vios dan Yaris sedan. Umumnya mobil tersebut untuk ekspor ke wilayah timur tengah seperti Arab Saudi. Menariknya lagi, mobil-mobil tersebut merupakan mobil dengan setir di sebelah kiri. [Adi/Ikh]


Komentar