New Toyota Yaris Diisukan Pakai Platform TNGA Share this

New Toyota Yaris Diisukan Pakai Platform TNGA

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 20 September 2016

Foto: Toyota Yaris dijual di Indonesia

TOKYO - Toyota Yaris memang menarik untuk dibahas. Di Indonesia, bahwa hatchback ini dikabarkan akan menampilkan mesin dan transmisi baru. Otospirit sempat memberitakan jika Yaris akan menyajikan transmisi CVT mengencani mesin 2NR-FE dual VVT-i.

Kabar terbaru datang jika Yaris model baru nanti akan memanfaatkan platform TNGA-B (Toyota New Global Architecture, B-Segment). Platform TNGA telah digunakan pada Toyota Prius dan yang akan datang adalah Toyota C-HR.

Just Auto melansir, nantinya new Toyota Yaris dengan kode 865A, atau sama untuk pasar Jepang, China, Thailand dan Prancis. Rencana pakai platform TNGA ini artinya Yaris adalah hatchback pertama Toyota yang menggunakan platform itu.

Klaim Toyota, rancangan TNGA telah membuktikan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar hingga 25 persen. Sementara itu peningkatan juga terjadi pada tenaga mesin yang mencapai 15 persen.

Diberitakan sebelumnya, keuntungan platform TNGA adalah sebuah investasi jangka panjang, di mana perusahaan berlogo tiga elips asal Jepang tersebut bisa memproduksi banyak model baru dengan menggunakan platform sama. Harganya pun tidak terlalu mahal.

Sayang tidak ada penjelasan apakah platform TNGA untuk Yaris dan Toyota Prius dan Toyota C-HR akan terjadi persamaa, atau mungkin terjadi perpedaan meski tujuannya sama yaitu kerangka mobil yang canggih guna menekan bobot mobil berujung pada hemat BBM. [Ikh]


Komentar