Pedrosa Pemilik Tikungan Sirkuit Jerez Share this
MotoGP
Mode baca

Pedrosa Pemilik Tikungan Sirkuit Jerez

Ary Dwinoviansyah
pada 19 Desember 2018

JEREZ - Dani Pedrosa didaulat menjadi pemilik satu dari 13 tikungan yang ada di Sirkuit Jerez, MotoGP.

Pihak sirkuit mengapresiasi Pedrosa sebagai salah satu legenda hidup MotoGP. Hal tersebut ditunjukkan dengan cara menyematkan nama sang mantan pembalap ke dalam bagian lintasan.

Sirkuit Jerez memiliki panjang lintasan 4,428 km. Di trek searah jarum jam itu sebelumnya ada tikungan bernama Dry Sac. Namun, mulai tahun depan area T6 tersebut bakal disebut tikungan Pedrosa.

"Terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membuat sebuah penghargaan sebagai bagian dari trek ikonik ini," tulis Pedrosa dalam akun media sosialnya.

Dengan begitu, Pedrosa akan bersanding dengan pembalap legendaris lain seperti Alex Criville, Angle Nieto hingga pembalap Formula 1 yaitu Ayrton Senna. Di sirkuit ini, Pedrosa juga punya pencapaian cukup gemilang selama berkarir di MotoGP.

Dia pernah memenangkan balapan sebanyak 3 kali yakni 2008, 2013 dan 2017. Pedrosa juga tercatat sebagai salah satu pencetak pole position terbanyak yaitu 3 kali. Ketika berkompetisi di kelas 250 cc, kemenangan di Sirkuit Jerez pada musim balap 2005 juga berperan dalam upayanya menjadi juara dunia kelas tersebut.

Meski tak lagi membalap reguler mulai tahun depan, Pedrosa masih tetap terlibat di MotoGP. Pria kelahiran Sabadell, Spanyol ini bakal melakoni tugas barunya sebagai tim pengembang tim pabrikan KTM.

Meski kontraknya bersama Honda baru akan tuntas 31 Desember 2018, Pedrosa sudah mendapatkan lampu hijau untuk menjalani profesinya sebagai test rider sejak tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Jerez bulan ini. [Ary/Ari]


Komentar