Pedrosa Dapat Izin Geber KTM di Jerez

Pedrosa
Dani Pedrosa

JEREZ – Dani Pedrosa akan menguji KTM RC16 untuk pertama kalinya di sirkuit Jerez, Spanyol 18-19 Desember 2018.

Setelah berbakti kepada Repsol Honda selama belasan tahun lamanya, kini pembalap berjuluk The Little Spaniard tersebut akan menguji kemampuan dari motor buatan Austria yaitu KTM. Kepastian ini muncul lebih cepat berkat izin yang diberikan oleh Honda.

Sebelumnya Pedrosa ditargetkan baru akan menggeber KTM RC16, pada sesi tes pramusim MotoGP 2019 di sirkuit Sepang, Malaysia, Februari mendatang. Hal ini dikarenakan Pedrosa masih terikat kontrak dengan Honda hingga 31 Desember 2018.

Apa yang dilakukan oleh Honda di Jerez nanti, sebelumnya telah dilakukan oleh Ducati. Pabrikan motor asal Italia tersebut dengan rendah hati, mengizinkan Jorge Lorenzo menguji motor Honda meskipun kontraknya belum benar-benar berakhir.

Hanya saja Lorenzo dilarang untuk membandingkan kemampuan kedua motor (Honda dan Ducati) kepada media. Ia dilarang berbicara apapun terhadap awak media hingga awal 2019. Lorenzo menguji Honda RC213V untuk pertama kalinya di sirkuit Valencia.

Pedrosa selama berada di tim Repsol Honda belum sama sekali merengkuh juara dunia MotoGP. Julukan untuk pembalap mungil tersebut adalah ‘Juara Tanpa Mahkota’. Ia juga dinobatkan sebagai legenda dunia balap motor baru-baru ini.

MotoGP 2018 merupakan musim terakhirnya sebagai pembalap di Repsol Honda. Tahun depan Ia melanjutkan karirnya sebagai pembalap tester di KTM mendampingi Mika Kallio. Faktor kedekatan dengan mantan pelatihnya di Honda, membuat Pedrosa memantapkan diri untuk bergabung dengan skuad orange. [Dew/Ari]