Panasonic dan Toyota Kerjasama Mengembangkan Baterai untuk Mobil Listrik Share this

Panasonic dan Toyota Kerjasama Mengembangkan Baterai untuk Mobil Listrik

Adi Hidayat
pada 13 Desember 2017

Foto: toyota-concept-i-ride

TOYOTA CITY – Tidak mau tertinggal oleh kompetitornya, Panasonic Corporation (Panasonic) mengumumkan kerjasama dengan Toyota Motor Corporation (Toyota) untuk mengembangkan bisnis gabungan terkait baterai mobil.

Kerjasama ini diharapkan bisa memberikan solusi baru terhadap isu yang ada di masyarakat seperti pemanasan global, polusi udara penipisan sumber daya alam dan keamanan energi. Selain itu, kesepakatan ini ini juga untuk menjawab meningkatkan permintaan kendaraan listrik. Untuk itu, Toyota dan Panasonic menargetkan adanya peningkatan lebih jauh tentang perkembangan baterai mobil.

Toyota dan Panasonic telah bekerjasama sejak 1953. Keduanya telah berhasil meningkatkan kemampuan mereka. Dengan perubahan bisnis yang terus terjadi, keduanya sadar bahwa kerjasama yang dilandasi rasa percaya dan melihat jauh dari batasan umum akan menciptakan nilai baru.

Dengan meluncurkan Prius pada 1997 dan Mirai di 2014, menunjukkan bahwa Toyota memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan mobilitas di masa depan. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki, Toyota akan terus mengembangkan kendaraan ramah lingkungan mulai dari kendaraan berteknologi hybrid, listrik dan sebagainya sesuai kebutuhan masyarakat.

Sementara Panasonic sendiri telah memposisikan baterai lithium-ion untuk otomotif sebagai salah satu kunci bisnis mereka. Baterai mereka pun telah digunakan oleh banyak produsen mobil di seluruh dunia. Panasonic pun berupaya untuk meningkatkan standard keamanan dan kapasitas baterai otomotif buatannya.

Toyota dan Panasonic sadar bahwa perkembangan kinerja baterai, harga dan keamanan dan pasokan yang stabil akan menjadi kunci kesuksesan kendaraan listrik. Mereka pun akan mempertimbangkan kolaborasi dengan tujuan menciptakan baterai terbaik di dunia otomotif sehingga dapat berkontribusi untuk meningkatkan kendaraan listrik di dunia. [Adi/Ikh]


Komentar