Nissan Kicks: Rem dan Gas Cuma Pakai 1 Pedal Share this
Mobil Baru
Mode baca

Nissan Kicks: Rem dan Gas Cuma Pakai 1 Pedal

Indra Prabowo
pada 03 September 2020

JAKARTA – Nissan Kicks e-Power mulai dijual secara resmi pada 2 September 2020. Harga Nissan Kicks e-Power sendiri kurang dari 450 juta rupiah.

Namun jika Anda membeli Nissan Kicks e-Power sekarang harus bersabar karena Nissan Motor Indonesia baru akan mengirim unit-unit ke para pelanggan pada Oktober 2020.

Nissan Kicks e-Power merupakan sebuah terobosan dari pabrikan mobil yang bermarkas di Yokohama Jepang. Pesaing Honda HR-V dan Toyota C-HR ini menawarkan penggerak motor listrik penuh 100%.

Mobil Listrik

Dengan sistem e-POWER, roda-roda digerakkan oleh motor listrik, sedangkan mesin bensin hanya digunakan untuk mengisi baterai dan menyalurkan listrik ke motor. Kontrol tempo yang dioptimalkan memastikan mesin hanya bekerja saat diperlukan, meningkatkan keheningan dan efisiensi bahan bakar.

Nissan Kicks e-POWER dilengkapi dengan motor listrik EM57, generator dan inverter yang menghasilkan listrik dari mesin 1,2 liter DOHC 12-katup 3-silinder. Sistem e-POWER menyuguhkan tenaga maksimum 95 kilowatt atau 129 PS, torsi datar maksimum 260 Nm, dan baterai lithium-ion. Dengan begitu mobil ini memberikan pengalaman berkendara yang mirip dengan kendaraan listrik.

Teknologi Cerdas Nissan Kicks e-Power

Teknologi cerdas unggulan adalah One-Pedal operation. Di sini memungkinkan pengemudi melakukan akselerasi dan deselerasi via satu pedal yakni pedal akselerator. Dalam lalu lintas kota yang macet, teknologi pedal akselerator sangat mengurangi kebutuhan untuk berpindah dari satu pedal ke pedal lainnya. Lalu bagaimana cara mobil berhenti? Pengemudi tinggal mengangkat kaki dari pedal akselerasi.

nissan kicks e-power

Hal itu dimungkinkan karena Safety Shield System dari Nissan yang terdiri dari:

  1. Intelligent Forward Collison Warning mendeteksi pergerakan mendadak kendaraan kedua di depan di jalur yang sama, memperingatkan pengemudi tentang potensi risiko tabrakan di depan.
  2. Intelligent Emergency Braking secara otomatis mengaktifkan pengereman ringan dan pengereman darurat saat risiko tabrakan meningkat, menghindari tabrakan atau mengurangi benturan.
  3. Intelligent Cruise Control, yang secara otomatis menjaga jarak dan kecepatan aman dari kendaraan di depan, mengurangi beban kerja pengemudi selama perjalanan jauh atau lalu lintas dengan mengaktifkan fitur cruise control.

Selain 3 teknologi di atas, Safety Shield System pun berupa:

  1. Blind Spot Warning
  2. Intelligent Around View Monitor dengan Moving Object Detection
  3. Rear Cross Traffic Alert
  4. Intelligent Trace Control
  5. Hill Start Assist

Intelligent Forward Collison Warning, Intelligent Emergency Braking, dan Intelligent Cruise Control tidak dimiliki oleh para pesaing Nissan Kicks e-Power.

harga nissan kicks e-power

"All-new Nissan Kicks e-POWER dirancang dengan mengutamakan para pelanggan kami. Sistem e-POWER, pengoperasian One-Pedal, dan fitur-fitur lainnya telah dipilih dengan cermat untuk memenuhi kebutuhan sensasi berkendara EV di Indonesia," jelas Isao Sekiguchi, presiden director Nissan Motor Indonesia. "Mengungkap mobil yang benar-benar unik ini di atap di bawah cakrawala Jakarta adalah cara kami menawarkan sesuatu yang berbeda kepada para pelanggan kami, sejalan dengan DNA keberanian kami."

Nissan Motor Indonesia menyatakan bahwa harga Nissan Kicks e-Power Rp 449 juta on-the-road DKI Jakarta. Harga Honda HR-V termahal 415,7 juta rupiah.

Terdapat 2 pilihan warna two-tone Nissan Kicks e-Power:

  • Monarch Orange & Black
  • Storm White & Black

Sementara pilihan warna mono-tone klasik Nissan Kicks e-Power terdiri dari:

  • Gun Metallic
  • Black Star

Ground clearance Nissan Kicks e-Power 175 mm dan volume bagasi mencapai 423 liter. [Idr]


Komentar