Motor Dilarang Ikut Pikes Peak Lagi Share this
Balap Lain
Mode baca

Motor Dilarang Ikut Pikes Peak Lagi

Denny Basudewa
pada 30 Juli 2019

Foto: Pikes Peak

DENVER – Pikes Peak International Hill Climb mencoret sepedamotor dalam perlombaan di masa mendatang.

Hal ini tidak lain dikarenakan adanya insiden fatal yang menewaskan Carlin Dunne beberapa waktu silam. Penunggang Ducati Streetfighter V4 tersebut menghembuskan nafas terakhirnya saat hendak memecahkan rekor di arena Pikes Peak, Amerika Serikat.

Dewan direksi Pikes Peak telah memutuskan dalam sidang yang dilakukan baru-baru ini. Hasilnya tidak akan ada lagi perlombaan kendaraan roda-dua pada kejuaraan Pikes Peak International Hill Climb di masa mendatang.

Pikes Peak International Hill Climb yang telah digelar sebanyak 97 kali, hanya mengikutsertakan 41 kali sepedamotor di dalamnya. Artinya kejuaraan legendaris tersebut selalu fokus pada kendaraan roda-empat alias mobil. Mereka menganggap keputusan untuk melibatkan kuda besi telah menyebabkan kecelakaan yang fatal.

“Sepedamotor telah ambil bagian dari kejuaraan ini sejak 29 tahun belakangan. Dan sejarah mereka di pegunungan Amerika berawal dari 1916. Ini adalah waktu yang tepat untuk memperhatikan setiap aspek lomba, termasuk program sepedamotor,” ucap Tom Osborne Ketua Dewan Pikes Peak melalui siaran persnya.

Kendaraan roda-dua atau motor memang selalu memikul risiko lebih besar daripada mobil, terutama dalam sebuah balapan. Apalagi event Pikes Peak International Hill Climb menyuguhkan arena balap yang sangat berbahaya dan minim dalam hal keselamatan, karena lokasinya yang berada di pegunungan.

Pikes Peak sendiri merupakan lintasan pegunungan yang paling terkenal di muka bumi. Selain memiliki rute yang menantang, tempat ini juga memiliki sejarah panjang di dunia balap. Lebih dari 100 tahun Pikes Peak telah menjadi tuan rumah dari gelaran balap. [Dew/Idr]


Komentar