Ducati Streetfighter V4 Robek Aspal Pikes Peak Share this
Berita Motor
Mode baca

Ducati Streetfighter V4 Robek Aspal Pikes Peak

Denny Basudewa
pada 21 Juni 2019

Foto: Ducati Streetfighter V4

DENVER – Ducati memamerkan kemampuan calon produk terbarunya di lintasan Pikes Peak, Colorado.

Ducati Panigale V4 versi jalan raya tersebut ditunggangi oleh pembalap Pikes Peak Carlin Dunne. Kolaborasi ini bertujuan untuk memecahkan waktu tercepat yang pernah ditorehkan di Pikes Peak. Diketahui bahwa waktu tercepat saat ini masih bertengger di 9 menit 45.624 detik.

Dunne harus menaklukkan 156 tikungan dengan menggunakan Ducati Streefighter V4. Ia juga harus berhadapan dengan lintasan naik dan turun khas pegunungan. Layaknya pegunungan lainnya, Pikes Peak memiliki cuaca yang kerap berganti-ganti.

Tidak hanya mengandalkan joki yang tepat, motor juga harus beradaptasi dengan jumlah oksigen yang sangat terbatas. Hal ini dikarenakan lokasi pengetesan yang berada di ketinggian 14.000 kaki di atas permukaan laut.

Para pembalap yang beraksi di sini (pikes peak), dikatakan harus memiliki stamina 50 persen lebih banyak daripada balapan biasanya. Selama hampir 10 menit pembalap harus menghilangkan ketakutan akan ketinggian.

Pikes Peak sendiri merupakan lintasan pegunungan yang paling terkenal di muka bumi. Selain memiliki rute yang menantang, tempat ini juga memiliki sejarah panjang di dunia balap. Lebih dari 100 tahun Pikes Peak telah menjadi tuan rumah dari gelaran balap.

Saking populernya tempat ini, para pembalap dari luar Amerika Serikat banyak berdatangan untuk menaklukkan kejamnya Pikes Peak. Hal ini pula yang membuat Ducati mengadakan kegiatan di Amerika bagian Utara tersebut.

Hingga saat ini, sosok Ducati Streetfighter V4 masih menjadi tanda tanya banyak orang. Spesifikasi motor asal Italia itu masih menjadi pokok bahasan menarik. Meskipun dikatakan sebagai turunan dari Panigale V4, namun belum ada kepastian dari pihak Ducati. [Dew/Idr]

 


Komentar