Kia Niro EV Concept Tampil Lebih Menggoda Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Kia Niro EV Concept Tampil Lebih Menggoda

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 09 Januari 2018

Foto: Kia Niro EV Concept

LAS VEGAS - Kia Niro EV Concept secara resmi diungkap di Consumer Electronics Show (CES) 2018.

Mobil konsep ini menjadi salah satu tanda era baru Kia di masa depan dengan mengusung konsep “Ongoing Journey to Electrification”. Niro EV Concept telah dikembangkan di studio desain Kia di Korea Selatan yang memiliki desain lebih stylish jika dibandingkan dengan versi bensin dan hybrid.

Ubahan desain yang paling terasa yaitu pada bagian grille depan di mana kini mobil konsep listrik ini tidak lagi membutuhkan sistem pendingin mesin. Kia mengganti grille konvensional dengan panel digital yang dapat memberikan berbagai informasi seperti “Hello, CES”.

Selain grille modern tersebut, Kia juga menyematkan lampu depan baru, bumper depan lebih sporty dan desain baru pada bagian belakang. Pada bagian belakang, desainer Kia telah menyematkan desain lebih dinamis dan tajam guna membuat aliran udara dari bagian belakang mobil lebih mudah.

Style unik tersebut juga disematkan pada bagian interior mobil dengan mengusung konsep “Pure, Minimalist and Digital Apperance”. Lingkar kemudi pada mobil ini hadir dengan desain sangat unik dan telah dilengkapi dengan beragam sensor.

Sensor pada lingkar kemudi tersebut dapat membaca gerakan tangan pengemudi untuk mengaktifkan sistem entertainment dan climate control system. Meski dilengkapi dengan beragam sensor, lingkar kemudi ini juga dilapisi bahan kulit guna meningkatkan kenyamanan pengemudi.

Kia Niro EV Concept ini tetap memiliki instrument cluster digital, sistem entertainment dan shifter dengan bentuk unik. Mobil listrik konsep ini juga dilengkapi dengan fitur Human Machine Interface (HMI).

Melalui fitur HMI ini, pengemudi hanya perlu “log-in” melalui teknologi facial and voice recognition yag ada pada mobil. Ketika mobil telah menerima data tersebut, secara otomatis mobil akan melakukan ubahan pada sistem berkendara yang telah diatur oleh pengemudi.

Niro EV Concept ini mengusung baterai lithium-polymer 64 kWh sebagai sumber tenaga. Motor listrik pada mobil konsep ini mampu menghasilkan tenaga 201 hp dan dapat menempuh jarak 383 km dalam sekali pengisian daya.

“Kami akan menghadirkan 5 model hybrid baru dan plug-in hybrid, 5 baterai baru untuk EV dan all-new FCEV pada 2020,” tutur Dr. Woong-chul Yang, Vice Chairman and Head of R&D Center Kia.

Kia sedang melakukan proses pengembangan dan produksi beberapa model kendaraan ramah lingkungan untuk masa depan. Rencananya, produsen mobil asal Korea ini akan memiliki 16 model kendaraan listrik pada 2025. [Amo/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Kia Niro EV Concept Tampil Lebih Menggoda


Komentar