Kia Niro EV Concept Cerminan Masa Depan Kia

Kia-Niro-EV-Concept
Kia-Niro-EV-Concept

LAS VEGAS – Kia akan menampilkan Kia Niro EV Concept sebagai bentuk keseriusan mereka menciptakan mobil ramah lingkungan.

Mobil tersebut akan hadir ajang Consumer Electronics Show 2018 dan diyakini akan menjadi bagian dari strategi Kia dalam menghadapi era mobil listrik di masa depan. Mobil listrik sendiri diyakini akan menjadi mobil masa depan karena dianggap ramah lingkungan.

Kia Niro bukanlah sebuah produk baru bagi Kia. Mobil tersesbut sebelumnya sudah dijual di beberapa negara di dunia. Namun kemunculannya lagi sebagai mobil listrik pada ajang CES 2018 memang barulah pertama kali di dunia.

Beberapa perubahan pun dilakukan Kia untuk membedakan antara Kia Niro EV Concept dengan versi standard. Di antaranya adalah penggunaan headlights berdesain baru yang kini disematkan dengan LED sehingga tampilannya lebih menarik.

Tidak ada spesifikasi detail terkait mobil ini, namun tidak menutup kemungkinan bahwa mobil ini akan menggunakan platform sama dengan Hyundai Ioniq. Dengan demikian, maka kenyamanan dan perfoma pun kemungkinan tidak akan terlalu berbeda jauh.

Tak hanya mobil konsep, Kia juga akan memarken sejumlah teknologi yang Ia miliki saat ini. Kia akan menghadirkan tiga pameran dengan desain pameran kokpit yang untuk menunjukkan bagaimana mereka menggabungkan teknologi baru untuk meningkatkan komunikasi dan interaksi antara penghuninya dan kendaraan. Ini termasuk teknologi baru advance drive assistance dan perintis fungsi HMI, serta koneksi 5G dalam mobil pertama di dunia.

“Realitas virtual, mobil otonomus, dan kendaraan penuh konektivitas menjadi kesatuan teknologi masa depan yang perlu dipertimbangkan. Seiring hal tersebut berkembang sangat cepat menjadi sebuah hal yang nyata, Kia melakukan eksplorasi bagaimana cara mengadaptasi teknologi baru ini untuk para pelanggannya,” ujar Dr. Woong-cheol Yang, Wakil Ketua dan Kepala Pusat R&D Hyundai-Kia.

Ia pun berjanji di ajang ini mereka akan memperlihatkan strategi dan visi untuk mobilitas masa depan dari Kia. [Adi/Ari]