Keunggulan Mesin Jaguar F-Pace 2.0P Prestige Share this
Mobil Baru
Mode baca

Keunggulan Mesin Jaguar F-Pace 2.0P Prestige

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 13 Oktober 2017

Foto: Keunggulan mesin Jaguar F-Pace 2.0P Prestige (Foto: Amos Arya)

JAKARTA - Meski menggunakan mesin yang memiliki kapasitas lebih kecil, Jaguar F-Pace 2.0P Prestige memiliki berbagai keunggulan lainnya.

Jaguar F-Pace 2.0P Prestige mengusung mesin Ingenium 2.0-liter 4-silinder terbaru dengan teknologi twin-scroll turbo. Mesin ini diklaim memiliki performa lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin GTDi 3.0-liter 6-silinder yang telah disematkan dalam diri Jaguar F-Pace.

Tommy Handoko selaku Product Manager PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) mengungkapkan, bahwa SUV baru ini dikembangkan secara khusus untuk kenyamanan berkendara dengan menyajikan kemewahan khas Jaguar. Sedangkan F-Pace bermesin GTDi dikembangkan untuk memenuhi konsumen yang memiliki karakter sporty.

“Sebagian besar konsumen menggunakan Jaguar F-Pace sebagai mobilitas harian. Oleh karena itu kami mengembangkan F-Pace dengan kapasitas mesin lebih kecil namun lebih nyaman, mewah dan irit bahan bakar,” tutur Tommy di sela-sela peluncuran Jaguar F-Pace 2.0P Prestige.

Jaguar F-Pace 2.0P Prestige Mesin Ingenium Jaguar F-Pace 2.0P Prestige

Mesin Ingenium ini diklaim memiliki beragam keuntungan yang dapat menunjang sisi kemewahan F-Pace. Jika dibandingkan dengan mesin GTDi, mesin canggih Jaguar ini mampu menyemburkan tenaga lebih besar hingga 10 hp, torsi lebih tinggi, bobot kendaraan lebih ringan 4,1 kg, 15 persen lebih seimbang dan suara mesin lebih halus. Mesin Ingenium berkode AJ200P Mid ini menggunakan bahan aluminium dengan rasio kompresi 10,5.

Mesin berkapasitas 1.999cc ini didukung dengan twin-scroll turbo sehingga dapat menyemburkan tenaga maksimal 246 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 365 Nm pada 1.200-4.500 rpm. Mesin ini semakin sempurna berkat adanya 200 bar Fuel Injection System.

“Penggunaan mesin baru ini juga merupakan jawaban Jaguar kepada konsumen yang sangat menginginkan mesin ini. Jumlah permintaan akan mesin Ingenium ini semakin banyak setiap bulannya dengan konfigurasi yang berbeda dari versi mesin 3.0-liter,” tambah Tommy.

Performa mesin ini juga didukung dengan rangka aluminium yang menghasilkan bobot kendaraan lebih ringan, lebih kuat dan padat. Dengan menggunakan rangka tersebut, Jaguar F-Pace diklaim sebagai SUV teringan di kelasnya dan efesiensi terbaik. [Amo/Ikh]


Komentar